Ini Dia Minuman Sehat dari Alam Saat Berbuka Puasa

Jakarta — Bagi anda yang menjalani rutinitas berpuasa, biasanya punya kehabisan ide memasak hidangan sebagai menu berbuka baik bagi diri anda sendiri maupun keluarga anda.

Namun tidak perlu khawatir dengan makanan atau hidangan yang berat, lewat kekayaan alam seperti buah-buahan alami banyak yang bisa anda jadikan minuman sehat saat berbuka.

Tidak hanya sehat, vitamin dan serat pun banyak bisa kita dapat dari buah-buahan ini, apa saja buah-buahan tersebut? berikut ini yang kami kutip dari berbagai sumber:

Tomat

Bagi anda para pecinta minuman sehat, tentunya buat tomat sudah menjadi bagian dari konsumsi anda bukan? Nah, untuk memadukan gizi buah tomat dengan sensasi kesegaran pada lemon, punch tomat merupakan pilihan anda. Campurkan jus tomat dan air lemon dan juga sprite sebagai pelengkap. Bila disajikan dingin, tentunya akan lebih segar.

Anggur

Buah ini terkenal dengan kandungan serat dan antioksidan yang tinggi. Anggur sangat berguna bagi tubuh sebagai sumber energi dan mencegah radikal bebas akibat polusi udara.

Disamping itu juga buah ini bisa berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Saat berpuasa terkadang kita mengalamin gangguan pencernaan baik perut kembung, sembelit dan lainnya karena pola makanan yang berubah.

Nah, dengan mengonsumsi anggur masalah perut dan pencernaan akan teratasi, karena buah anggur terdapat asam organik, gula, selulosa yang dikenal bagus sebagai pencahar.

Semangka

Warna merah sering mempesona buah yang satu ini, bagi anda yang sering mengonsumsi dading-dagingan, manis-manisan sampai dengan gorengan yang berminyak serta kopi bisa memilih buah ini untuk menimalisir terjadinya bintik-bintik merah di kulit.

Bintik-bintik bisa disebabkan oleh kandungan asam makanan yang dikonsumsi tadi membuat darah menjadi naik. Lewat jus semangka, kandungan asam dan darah akan semakin baik.

Jeruk

Pola waktu makan yang berubah saat puasa bisa jadi menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Buah jeruk bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk menunurunkan risiko kanker usus besar karena bisa membantu mengusir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA.

Selain itu jeruk bisa berguna sebagai antioksidan untuk kesehatan kulit. Jad, selain dapat menjaga badan fit selama puasa, mengonsumsi satu buah jeruk sehari dapat membantu mempertahankan keremajaan kulit.

Pisang

Salah satu kasiat buah berkulit kuning ini dapat menghilangkan bau mulut. Tentu pisang sangat bermanfaat saat kita akan menjalani puasa. Selain itu buah pisang dapat dengan mudah dicerna oleh sistem pencernaan kita sehingga kandungan gula yang terdapat dalam buah pisang ini dapat diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat. Buah pisang bisa dicampur susu cair dapat menjadi obat dalam menangani penyakit usus, sakit perut atau cholik karena dapat menetralkan keasaman lambung.

Pear

Saat buka puasa, tanpa sadar kita sering mengonsumsi makanan berminyak, berkalori tinggi dan pedas. Padahal semua itu dapat memicu naiknya kadar asam lambung yang dapat menyebabkan rasa sakit tidak enak diperut.

Tapi semuanya dapat diatasi dengan mengonsumsi buah pear, apel dan jeruk nipis yang bisa dicampur dan dijus menjadi satu.

Kiwi

Salah satu manfaat buah kiwi untuk kesehatan adalah sebagai sumber mineral yang sangat diperlukan untuk mempertahankan stamina tubuh. Mineral yang terkandung dalam kiwi sangat penting untuk mengganti kehilangan elektrolit tubuh akibat keluarnya keringat selama kerja keras, olahraga atau cuaca panas.

Selain itu kita juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar yaitu 100 gram beratnya mengandung 100 mg. Jika dibandingkan kandungan vitamin C kiwi 17 kali lebih banyak dibandingkan apel, 2 kali lebih banyak dibandingkan jeruk maupun lemon. Selain itu Kiwi kaya juga akan antioksidan, polifenol serta karotenoid dan enzim-enzim lain membentuk aktioksidan yang menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya tubuh bisa tetap fit dan menghindari dari banyak penyakit.

Selamat mencoba dan semoga bisa tetap membuat aktifitas puasa berjalan lancar dan sehat dengan minuman segar dari alam.[]

 

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com