Warna Kuku Bisa Jadi Petunjuk Gangguan Kesehatan

Jakarta — Sudah sering kita pahami, ada beberapa bagian tubuh yang sering dapat memberi petunjuk visual tentang adanya gangguan kesehatan. Ternyata, selain lewat lidah, urin, bibir, dan mata, ada bagian tubuh lainnya yang bisa membantu Anda mendeteksi gangguan kesehatan, yakni kuku.

Seperti dikutip dari WebMD, memperhatikan perubahan kondisi kuku bisa membantu Anda mendeteksi gejala penyakit yang mungkin tak Anda rasakan secara nyata.

Kuku yang sehat dan normal biasanya berwarna merah muda. Anda harus memperhatikan perubahan kondisi kuku yang harus diwaspadai. Jika terjadi perubahan warna atau bentuk, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Inilah beberapa kondisi warna kuku untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan:

Kuku pucat

Warna merah muda yang pudar pada kuku dapat menjadi indikator anemia, gagal jantung, malnutrisi, dan penyakit liver.

Kuku putih

Kondisi kuku putih dengan tepian berwarna gelap bisa merupakan pertanda ada masalah serius dengan liver, seperti hepatitis.

Kuku kuning

Warna kuning mengindikasikan adanya infeksi jamur. Jika infeksi sudah memburuk, kuku menjadi lebih tebal dan rapuh. Kadang, kuku kuning menandakan kondisi yang serius seperti penyakit tiroid, paru-paru, diabetes, atau psoriasis.

Kuku kebiruan

Kekurangan oksigen dapat menjadi penyebab kuku membiru. Namun infeksi pada paru seperti penumonia atau kelainan pada jantung juga dapat menjadi penyebab.

Permukaan bergelombang

Kondisi yang satu ini merupakan tanda-tanda awal psoriasis atau arthritis, dan biasanya disertai dengan memudarnya warna kuku. Kondisi kuku yang berubah warna menjadi merah kecoklatan juga lazim ditemui.

Garis hitam

Segera periksakan diri ke dokter jika ditemukan garis hitam membujur di tengah kuku. Itu bisa jadi merupakan gejala awal melanoma, jenis kanker kulit yang terparah. (*/iposnews.com)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com