Syukuri Tahun Baru dengan Zikir dan Amal Shalih

Banda Aceh — Tahun baru 1434 Hijriyah baru saja datang dan sedang kita jalani saat ini hingga masuk di bulan kedua (Shafar), dengan penuh harapan, dan tahun 1433 Hijriyah sudah kita lampaui, dengan penuh kenangan.

Mengakhiri penghujung tahun 2012 yang tinggal sehari lagi, dan akan memasuki awal 2013 (sejak Selasa, 1 Januari), mari kita tatap dan persiapkan hari demi hari, kian baik dan lebih baik. Begitulah sekilas dari kata-kata khutbah Jumat (28/12) terakhir tahun 2012 atau bertepatan 14 Shafar di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Khatib mengajak umat untuk introspeksi dan syukuri kenikmatan selama ini, juga atas kenikmatan karena bisa menyahuti tahun baru.

“Syukuri tahun baru dengan zikir dan amal shalih, bukan hura-hura dan mabuk-mabukan”, seru sang khatib Prof Dr Tgk H Azman Ismail MA yang juga Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman.

Ada sebagian isi khutbah juga mengupas hikmah dan makna peringatan sewindu tsunami di Aceh, disamping ada yang memaknakan renungan akan haul Sultan Iskandar Muda ke 376 (27 Desember).

“Kepada umat Islam mari ikuti seruan MUI Pusat dan MPU Aceh, sambut tahun baru dengan aktivitas biasa saja, bukan dengan melakukan kegiatan yang bertentangan dengan syariat,” ajaknya.

Pengurus dana Baitul Asyi beberapa musim haji di Arab Saudi tersebut juga mengingatkan kita juga akan resiko bergaul dengan musuh syariat selama ini, untuk selalu kian waspada. Mengutip satu hadits, Prof Azman menguraikan, “Mukmin itu tidak akan dipatok oleh ular dalam lobang yang sama.” Orang beriman tidak akan digigit dari tempat yang sama oleh musuh.

Dia menambahkan, hal ini sejalan dengan pepatah Melayu, “Orang berakal tidak akan jatuh dalam lobang yang sama.” Sama dengan, diajarkan, bahwa hari ini lebih baik dari kemarin, besok lebih baik dari hari ini, itulah kita yang beruntung dan tak bakal bangkrut, demikian seperti dikutip dari KemenagNews.[]

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com