Sabang Siap Sambut Wisatawan Kapal Pesiar

Sabang — Pemerintah Kota Sabang Provinsi Aceh merencanakan pembangunan sejumlah objek wisata untuk wisatawan (turis) terutama para penumpang kapal pesiar yang berkunjung ke Pulau Weh itu.

“Kami sedang mencari lahan cocok untuk dibangun taman bunga, sehingga bisa dijadikan daya tarik kunjungan turis kapal pesiar di Sabang,” kata pejabat Pemkot Sabang M Ali Taufiq di Banda Aceh, Kamis (21/3).

Selain itu, pihaknya juga menjajaki pembangunan areal kebun binatang mini guna memikat kunjungan wisatawan, khususnya penumpang kapal pesiar yang singgah di Kota Sabang.

Sebab, dia menyebutkan dalam beberapa tahun terakhir terjadi kenaikan jumlah kapal pesiar masuk ke Sabang yang merupakan salah satu daerah tujuan wisata andalan di provinsi ujung paling barat Indonesia ini.

Pada 2013, M Ali Taufiq menjelaskan Sabang akan disinggahi lima kali kapal pesiar dan dua kali diantaranya telah direalisasikan.

“Taman bunga dan kebun binatang mini itu nantinya menjadi salah satu daya tarik turis kapal pesiar untuk berkunjung ke Sabang,” katanya.

Pada awal Maret 2013, kapal pesiar MV Silver Whisper yang membawa ratusan wisatawan singgah di Sabang dan sebagian penumpangnya mendapat kehormatan turun mengunjungi objek wisata di pulau tersebut.

Kemudian kapal pesiar mewah yakni MV Seabourn Pride juga akan berkunjung ke Sabang pada 22 Maret 2013.

Pemkot Sabang dan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) telah memfokuskan pengembangan Sabang sebagai destinasi wisata terbaik.

“Artinya Pemkot dan BPKS berupaya terus meyakinkan manajemen ‘cruise’ internasional untuk datang ke Pulau Weh karena Sabang sebagai salah satu penyedia fasilitas pelabuhan ‘cruise’ terbaik yang menerapkan sistim ISPS code,” kata Ali Taufiq. (ant)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com