Sukses dengan Penjualan Galaxy, Samsung Cetak Laba Rp 61 Triliun

Samsung (Ist)MEMASUKI awal kuartal kedua tahun 2013, Samsung Electronics pada kamis merilis laporan keuangan kuartal pertama (Q1) 2013. Secara keseluruhan tercatat Samsung meraih peningkatan signifikan di sisi total laba bersih dibanding tahun lalu.

Dilansir laman The Verge, Sabtu (27/4), vendor raksasa elektronik asal Korea Selatan ini mencatat peningkatan laba bersih hingga 41,6 persen atau mencapai angka 7,15 triliun Won/sekitar US$ 6.4 miliar (Rp 61 triliun) di triwulan pertama (Januari-Maret) 2013.

Laba bersih ini naik dibandingkan dengan catatan secara year-on-year atau di Q1 2012 lalu yang mencapai angka 5,05 triliun Won. Namun, jika dibandingkan dengan rekor laba bersih tiga bulanan Samsung di kuartal kemarin (Q4 2012) yang sebesar 7,04 triliun Won, jumlah ini masih kalah.

Lonjakan laba bersih ini diprediksi berkat tingginya penjualan ponsel pintar, khususnya dari rangkaian seri Galaxy segmen menengah ke bawah. Walau tak melaporkan secara rinci, banyak pengamat memperkirakan Samsung berhasil menjual sekitar 70 juta ponsel pintar dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Sementara itu, laba operasional menanjak 54 persen dari tahun lalu, mencapai 8,8 triliun won. Sementara omzetnya tumbuh 16,8 persen menembus 52,9 triliun won/sekitar US$ 47,6 miliar.

Laporan keuangan Samsung ini dirilis bersamaan dengan waktu peluncuran smatphone flagship terbaru mereka Galaxy S4 yang sudah mulai dijual untuk pasar Korea Selatan sejak kemarin. (liputan6.com)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com