Azan Pertama Berkumandang di Masjid Fittja Stockholm

Masjid Fittja di Stockholm (xeegonews.com)

Masjid Fittja di Stockholm (xeegonews.com)

DEWAN Kotapraja Botkyrka di Stockholm, Swedia, menyetujui permohonan pusat budaya Islam mengumandangkan azan melalui pengeras suara di Masjid Fittja, demikian yang dilaporkan kantor berita Turki Cihan, Sabtu (27/4).

Untuk pertama kalinya, azan disiarkan melalui pengeras suara di menara masjid itu Jumat kemarin.

Pusat Kebudayaan Islam Botkyrka telah menerima persetujuan dewan kotapara itu akhir Februari lalu. Botkyrka adalah kotapraja di Stockholm yang sebagian besar penduduknya imigran.

Setelah persiapan teknis dirampungkan, azan pertama disiarkan Jumat. Sejumlah besar warga Muslim berduyun-duyun ke masjid itu untuk menyaksikan peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ketua Masjid Fittja Ismail Okur mengatakan kepada wartawan bahwa mereka berterimakasih kepada kotapraja atas dikabulkannya permohonan mereka itu.

Menurut dia, banyak jamaah sudah lama tak mendengar suara azan melalui pengeras suara seperti di negara-negara asal mereka.

“Penyiaran azan pertama dimaksudkan untuk percobaan. Kepala Direktorat Urusan Agama, Meehmet Gormez, akan datang ke masjid kami pekan depan untuk merayakan pekan kelahiran suci,” kata Okur.

Warga keturunan Turki menyelenggarakan “Kutlu Do`um Haftas” (pekan kelahiran suci) untuk merayakan maulid Nabi Muhammad dalam satu pekan di bulan April. (ant)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com