Gunung Fuji Didaftarkan jadi Warisan Dunia ke UNESCO

Gunung Fuji (www.sabado.pt)

Gunung Fuji (www.sabado.pt)

GUNUNG Fuji di Jepang disarankan didaftarkan ke UNESCO menjadi Warisan Dunia. Puncak gunung di Jepang itu, yang dalam gambar selalu diselimuti salju, diperkirakan secara resmi terdaftar Juni nanti, saat badan PBB itu bersidang di Kamboja.

Sebelumnya, badan penasehat di dalam UNESCO, ICOMOS, menolak permohonan pemerintah Jepang menjadikan kota kuno Kamakura masuk dalam daftar warisan dunia itu. Kota kuno itu terkait erat dengan masa para shogun berkuasa di Jepang.

Gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang, terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo.

Gunung itu terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Pulau Honshu. Fuji dikelilingi tiga kota yaitu Gotemba (timur), Fuji-Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya). Gunung setinggi 3.776 m ini dikelilingi juga lima danau yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu, dan Shoji.

Gunung Fuji adalah simbol Jepang yang terkenal dan sering digambarkan dalam karya seni dan foto-foto, serta dikunjungi pendaki gunung maupun wisatawan dalam dan luar negeri.

Gunung itu diperkirakan terbentuk sekitar 10.000 tahun lalu. Sekitar 200.000 orang mendaki Gunung Fuji setiap tahunnya, 30 persen di antaranya orang asing. (ant)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com