Sepanjang Bulan Mei, Harga Emas Perhiasan Jeblok 4,5%

Ilustrasi emas batangBADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang bulan Mei 2013 harga emas perhiasan mengalami penurunan rata-rata 4,55%. Hal ini memberikan andil terhadap terjadinya deflasi pada bulan Mei ini.

“Emas perhiasan andil terhadap deflasi 0,1 persen. Terjadi perubahan harga, maksudnya melakukan penurunan harga 4,55 persen karena pengaruh pasar internasional,” ujar Kepala BPS Suryamin dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Dr. Sutomo, Jakarta, Senin (3/6).

Penurunan ini terjadi di 64 kota dengan penurunan harga tertinggi di Watampone sebesar 12 persen dan Kendari sebesar 11 persen.

“Satu kota naik yaitu di Tanjung Pinang sebesar 2 persen dan Manokwari stabil,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Sasmito Hadi Wibowo menyatakan tren penurunan harga emas ini tampaknya masih berlangsung pada bulan mendatang. Pasalnya, tidak terlihat tren penyimpanan emas di tengah masyarakat internasional, terutama di Amerika Serikat.

“Ya sepanjang harga internasional turun maka akan turun. Sekarang saja masih ngantri di Antam. Ini kan diperkirakan di AS akan berbondong-bondong menyimpan emas, ternyata tidak, mereka confident juga,” tandasnya.

Harga LLG

Sementara itu pada perdagangan sesi Asia, Senin (3/6) hari ini harga emas tampak mengalami pergerakan yang cenderung menguat. Harga logam mulia rebound setelah mengalami penurunan nyaris 2 persen di hari terakhir perdagangan bulan Mei lalu, dan melemah 6 persen sepanjang bulan Mei. Kenaikan harga emas hari ini didorong oleh melemahnya dollar AS akibat rilis data ekonomi AS yang kurang baik.

Dikutip dari vibiznews.com, harga emas mengalami penurunan lebih dari 6 persen sepanjang bulan Mei lalu di tengah kekhawatiran bahwa Fed akan mengurangi porsi pembelian obligasi milik pemerintah AS karena ekonomi AS mulai menunjukkan sinyal membaik. Akan tetapi menjelang akhir bulan lalu beberapa data ekonomi AS yang dirilis menunjukkan penurunan yang kurang memuaskan sehingga argumen mengenai penurunan program stimulus menjadi tersingkir.

Hari ini harga emas LLG dan berjangka tampak mengalami pergerakan yang cenderung menguat. Harga emas LLG tampak mengalami kenaikan sebesar 0.6 persen dan berada pada posisi 1394.56 dollar per troy ons. Harga emas LLG ini mengalami penurunan sebesar 1.9 persen pada perdagangan Juma lalu. Penurunan harian tersebut adalah yang terbesar sejak tanggal 17 Mei.

Sementara itu harga emas berjangka Comex untuk kontrak pengiriman bulan Agustus tampak mengalami pergerakan melemah tipis saja. Harga emas berjangka berada di level 1394.30 dollar per troy ons. (*/dtc)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com