General Motors Ekspansi Pabrik di Meksiko

Kantor GM di Meksiko (www.hispanicallyspeakingnews.com)

Kantor GM di Meksiko (www.hispanicallyspeakingnews.com)

GENERAL Motors terus berekspansi. Pabrikan otomotif yang berbasis di Amerika Serikat (AS) ini berniat membenamkan investasi senilai US$ 691 juta di Meksiko.

GM sudah merancang sederet aksi korporasi di negara tersebut. Misalnya, memperluas ekspansi pabrik mesin di Toluca, Meksiko. Kemudian, GM juga ingin membangun pabrik baru di Silao, Meksiko Tengah untuk membuat transmisi 8-speed. Rencana berikut, meng-up grade pabrik lama di San Luis Potosi untuk menciptakan sistem transmisi generasi terbaru.

Pasar Meksiko cukup menarik bagi pemain otomotif global. Bagi GM, Meksiko cukup strategis, dengan lokasi yang dekat dengan pasar otomotif AS, kemudian penerapan perjanjian perdagangan bebas, serta biaya tenaga kerja yang terdidik dan murah. Prospek pasar Meksiko juga ditopang dengan permintaan otomotif di Amerika Selatan yang terus bertumbuh.

Alasan inilah yang mendorong sejumlah pabrikan otomotif dunia masuk ke pasar Meksiko dalam dua tahun terakhir, mulai dari membangun gerai hingga ekspansi pabrik. Sejumlah analis bahkan memperkirakan Meksiko bisa menyalip Brasil sebagai kekuatan ekonomi terbesar di kawasan Amerika Latin, seperti dikutip Reuters.

“Sektor otomotif menjadi satu pilar ekonomi nasional, mewakili lebih dari 20% produk domestik bruto sektor (PDB) manufaktur di negara ini,” ungkap Presiden GM Meksiko, Ernesto Hernandez, dalam sebuah konferensi pers bersama Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto.

Investasi GM akan mendorong jumlah tenaga kerja dan pengembangan wilayah Silao, San Luis Potosi dan Toluca. Terkait ekspansi ini, GM tidak menyebutkan berapa jumlah tenaga kerja yang bakal terserap. Saat ini, GM mempekerjakan sekitar 15.000 orang di empat kompleks pabrik dan satu kantor pusat GM di Meksiko City.

GM memproduksi Chevrolet Silverado dan truk pikap GMC Sierra di Silao; Chevy Sonic, Captiva dan Cadillac SRX di Ramos Arizpe; serta Chevy Aveo, Trax dan Tracker di San Luis Potosi. GM, yang sudah beroperasi 78 tahun di Meksiko, merupakan produsen mobil nomor dua terbesar di Meksiko setelah Nissan, menurut Asosiasi Industri Otomotif Meksiko. Dalam skala global, Meksiko merupakan produsen mobil terbesar ke delapan. (kontan.co.id)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com