Harga Emas Berpeluang Turun Lagi

Emas batang (Ist)HARGA emas logam mulia di PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada awal pekan ini kembali mengalami koreksi. Seperti dikutip dari situs logam mulia, Senin (8/7), harga emas logam mulia terkecil dijual Rp 492.000 per gram, turun Rp 2.000 per gram dibanding perdagangan akhir pekan kemarin.

Antam mencantumkan semua ukuran emas logam mulia tersedia, kecuali ukuran 2 gram dan 500 gram. Selain itu harga pembelian kembali (buy back) untuk setiap gram emas produk Antam dipatok Rp 389.000 per gram, turun Rp 11.000 per gram dibanding perdagangan akhir pekan kemarin.

Sementara itu data Non Farm Payrolls (NFP) Amerika Serikat (AS) harga emas tertekan sebesar 195 ribu, atau lebih bagus dari prediksi pasar 163 ribu.

Data NFP yang bagus ini menguatkan sentimen akan adanya pengurangan stimulus moneter AS pada akhir tahun ini sehingga ekspektasi tersebut menguatkan dolar AS dan berujung pada pelemahan harga komoditas.

Pagi ini, formasi harga pada grafik 1 jam masih menunjukkan potensi tekanan turun pada emas masih besar. Namun penurunan lanjutan harus menunggu konfirmasi penembusan ke bawah level support di US$ 1.213 per ounce.

“Bila ini terjadi, harga bisa berlanjut turun mendekati level US$ 1.180 kembali,” jelas Head Research and Analyst PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra dalam ulasannya, Senin (8/7).[]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com