Segarnya Es Timun Serut Khas Aceh

ES timun adalah minuman khas Aceh. ‘Ie boh timon’ begitulah yang familiar kita dengar di masyarakat untuk menyebutkan minuman segar ini.

Timun serut memang banyak dinikmati masyarakat di saat berbuka puasa. Rasanya yang manis dan menyegarkan memang betul-betul pas untuk menghilangkan dahaga selama menjalankan puasa.

Sesuai dengan namanya, es timun serut ini berbahan dasar timun. Timun yang digunakan adalah timun sayur, setelah dikupas kulit tipisnya lalu diserut secara manual. Setelah itu, serutan timun pun kadang sering dicampur dengan sirup manis, dan es batu. Disajikan saat berbuka puasa atau saat terik merupakan pilihan yang sangat pas.

Pemilihan timun sebagai bahan dasarnya didasarkan karena tidak memerlukan biaya banyak untuk menghidangkan minuman yang segar.

Resep sederhana untuk es timun serut hanya butuh 3 buah timun, cuci dan kemudian serut memanjang. Campurkan dengan gula pasir sesuai selera atau pun dengan sirup pilihan.

Jangan lupa tambahkan air matang dan tidak ketinggalan es batu secukupnya plus sedikit air jeruk nipis untuk menambah rasa. Dan hidangkan dalam keadaan dingin, selamat mencoba. (afi)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com