Rapa’i Tunang Siap Meriahkan Piasan Seni Banda Aceh

Imam Juani (Ist)

Imam Juani (Ist)

FESTIVAL Rapa’i Tunang akan kembali hadir dalam waktu dekat ini dalam salah satu rangkaian acara Piasan Seni Banda Aceh, yang nantinya akan diselenggarakan di Taman Budaya Banda Aceh.

Koordinator pelaksana Rapa’i Tunang, Imam Juaini menyebutkan dengan adanya festival rapa’i ini bisa kembali mengangkat salah satu kesenian tradisional sebagai bentuk ikon dari masyarakat Aceh.

“Untuk kegiatan ini kita ingin sekali rapa’i tunang menjadi salah satu bentuk kesenian yang mengangkat sisi kebersamaan, sehingga nantinya bisa menjadi ikon sosial dalam kehidupan masyarakat Aceh untuk wadah silaturrahmi,” sebut Imam yang juga pengurus Komunitas Saleuem Group.

Lebit lanjut, Imam juga menyebutkan dengan adanya festival Rapa’i Tunang ini, kedepan kesenian juga akan menjadi sebuah identitas budaya sebagai wujud warisan endatu (leluhur).yang perlu terus dikembangkan bagi generasi mendatang dari sisi musik tradisional.

Sementara itu untuk animo masyarakat yang mendaftar dalam kegiatan rapa’i tunang juga mulai digalakkan kembali. “Walaupun untuk target maksimal belum memenuhi, kita akan terus mengenalkan kembali baik dari sarana atau tempat sebagai ruang apresiasi bagi peserta (tim rapai tunang, -red),” tambahnya.

Festival Rapa’i Tunang sendiri akan digelar 20-21 Agustus mendatang dengan tema “Melalui Musik Rapai Mari Kita Wujudkan Banda Aceh Sebagai Kota Wisata & Budaya yang Islami”. Informasi pendaftaran kelompok rapa’i tunang bisa menghubungi Imam Juaini di nomor kontak 085260465428 tanpa dipungut biaya.[]

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com