Daihatsu dan Toyota Penyumbang Kandungan Lokal Terbesar

Daihatsu XeniaDUA agen tunggal pemegang merek (ATPM) yang merajai pasar Indonesia PT Astra Daihatsu Motor dan PT Toyota Astra Motor tercatat sebagai penyumbang terbesar kandungan komponen lokal dalam varian produknya.

Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza tercatat sebagai merek mobil dengan tingkat kandungan lokal terbesar di Indonesia yakni sebesar 85 persen, sedangkan penyumbang kandungan lokal terendah adalah Cery Sedan 10 persen.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Sabtu (23/11), menyatakan, per akhir 2012, empat merek Daihatsu memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) cukup besar yakni Daihatsu Xenia sebesar 85 persen, Terior 74 persen, Luxio 80 persen dan Gran Max 83 persen.

Sementara untuk Toyota ada lima merek yakni Toyota Avanza 85 persen, Rush 73 persen, Innova 71 persen, Dyna 59 persen dan Fortuner 32 persen.

Data Gaikindo juga menyebutkan, sejumlah merek premium juga sudah memiliki tingkat kandungan dalam negeri, meski belum signifikan. Sebut saja BMW 3 series yang memiliki komponen lokal 21 persen, Nissan Serena 26 persen dan Nissan X Trail 22,7 persen. (beritasatu.com)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com