Meksiko akan beri penghargaan kepada Malala

Malala Yousafzai

SETELAH mendapatkan penghargaan bergengsi hak asasi manusia Sakharov dari Uni Eropa pada Hari Anak Sedunia, pekan lalu, kini pemerintah Meksiko akan memberikan Penghargaan Internasional untuk Kesetaraan dan Non-diskriminasi 2013 kepada Malala Yousafzai.

Penghargaan itu merupakan bentuk pengakuan terhadap usaha Malala “melindungi hak-hak asasi manusia”, khususnya perlawanan dia untuk melindungi hak atas pendidikan tanpa diskriminasi “berdasarkan usia, jenis kelamin dan agama,” kata pejabat Dewan Nasional untuk Pencegahan Diskriminasi Meksiko.

Upacara penyerahan penghargaan kepada anak perempuan berusia 16 tahun yang kini menjadi duta global untuk hak-hak anak itu rencananya dilakukan awal tahun 2014, demikian seperti dilansir kantor berita AFP.

Malala remaja Pakistan yang ditembak Taliban karena memperjuangkan hak-hak perempuan untuk pendidikan. Kini ia tinggal di Inggris, tempat ia menjalani operasi setelah serangan yang membuat dia mengalami luka tembak di kepala pada 2012.

Malala, yang sejak usia 11 tahun telah menulis sebuah blog tentang hak anak perempuan untuk pendidikan, telah menulis sebuah autobiografi dan mendirikan lembaga pendanaan untuk membantu gadis-gadis di seluruh dunia bersekolah dan mempromosikan akses universal ke pendidikan. (*/ant)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com