Apple Pernah Berniat Saingi Android Milik Google

Steve JobsPERSIDANGAN antara Apple dan Samsung yang digelar pada Jumat (4/4/2014) di Pengadilan San Jose, California, ternyata menguak fakta strategi Apple di tahun 2011 sialm.

Di tahun itu, lewat data berupa e-mail Steve Jobs, pendiri Apple, terungkap bahwa Apple ternyata sudah menyiapkan berbagai strategi untuk mengejar ketertinggalannya dari Android, dan bagaimana cara mengalahkan mereka.

Dalam e-mail yang bersifat rahasia itu, Jobs mengatakan bahwa 2011 menjadi “perang suci” melawan Google dengan Android-nya, dan langkah-langkah apa yang perlu diambil Apple.

Dikutip 9to5 Mac, Jum’at (4/4/2014), di tahun tersebut Apple mencoba mengembangkan smartphone murah tersebut dari basis iPod touch untuk menggantikan iPhone 3GS yang masih beredar saat itu.

Dari sisi software, Jobs menyadari bahwa iOS dalam iPhone mulai terancam keberadaannya oleh Android, sebab fitur-fitur Android saat itu sudah melampaui Apple.

Dalam e-mail Steve Jobs tersebut, terkuak bagaimana Jobs kemudian menyusun rencana bagaimana iOS bisa menyaingi Android, terutama dalam hal bagaimana iPhone menampilkan notifikasi, kemampuan tethering, serta fitur pengenalan suara.

Strategi itu belakangan terbukti sukses saat iPhone memperkenalkan fitur asisten pribadi dalam iPhone 4S yang diberi nama “Siri.”

Nama Siri sendiri menurut dokumen tersebut ternyata juga telah ditentukan sebelum peluncuran iPhone 4S karena sebelumnya Jobs menyebut smartphone itu dengan nama “Plus iPhone 4”.

Dalam hal komputasi awan, Jobs juga mengakui saat itu Apple ketinggalan dari Google, terutama dalam hal fitur Contacts, e-mail, dan kalendernya yang bisa disinkronkan dengan beragam perangkat.

Saat itu, Jobs memunculkan ide membuat fitur MobileMe untuk membantu agar ekosistem Apple lebih menyatu sehingga konsumen tidak beralih ke platform lain. MobileMe kemudian menjadi basis layanan iCloud yang kita kenal saat ini.

Secara keseluruhan, bisa disimpulkan bahwa di tahun 2011, Jobs sudah menyadari bahwa iOS akan kalah dari Android jika tidak dilakukan pembenahan dan penambahan fitur. Isi lengkap dari e-mail Steve Jobs di tahun 2011 tersebut bisa dilihat melalui tautan berikut ini.

Strategi Jobs bisa dibilang berhasil jika melihat loyalitas yang diberikan oleh fans Apple, khususunya pengguna iPhone sejak 2011 hingga kini. Hanya, saat ini konsumen menunggu Apple membuat smartphone dengan layar yang lebih besar serta harga yang lebih terjangkau. (intisari)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com