Kingdom Tower, Akan jadi Gedung Tertinggi di Dunia

NEGARA Arab Saudi akan segera memulai konstruksi gedung tertinggi dunia Kingdom Tower. Saat selesai dibangun nantinya, Kingdom Tower akan berdiri setinggi 3.280 kaki atau nyaris 1.000 meter (999,74 meter) dari tanah.

Gedung tersebut akan lebih tinggi 568 kaki atau 173,12 meter dari Khalifa Tower yang saat ini menjadi gedung tertinggi dunia dalam catatan Guinness Book of World Records.

Kingdom Tower akan mejadi fase pertama dari proyek Kingdom City yang dibangun Jeddah Economic Company. Proyek tersebut sendiri memiliki nilai US$20 miliar (Rp228,4 triliun) dengan luas bangunan mencapai 17 juta kaki persegi.

“Visi kami terhadap Kingdom Tower adalah menjadikannya sebagai wakil dari semangat baru Arab Saudi,” kata Adrian Smith, salah satu pendiri firma Adrian Smith + Gordon Gill Architecture, firma yang mendesain bangunan tersebut.

“Tower ini menyimbolkan kerajaan (Arab Saudi) sebagai pemimpin bisnis dan budaya global serta menunjukkan kekuatan serta visi kreatif dari masyarakat di dalamnya.”

Pengerjaan fondasi Kingdom Tower sudah dimulai sejak Desember 2013 lalu dan pekerjaan diatas permukaan tanah akan dimulai 27 April mendatang. Gedung senilai US$1,2 miliar ini akan berlokasi di Jeddah yang terletak di pinggir laut Merah.

Membangun gedung dengan ketinggian luar biasa bakal menghadapi tantangan yang berbeda dibanding gedung biasa. Hambatan dari air laut serta kencangnya tiupan angin serta bagaimana semen dikirimkan ke lantai teratas saat gedung didirikan menjadi hal yang harus dihadapi pengembang.

Dalam proses pembangunan nanti, Kingdom Tower memerlukan sekitar 80.000 ton besi. Sementara itu pembangunan Kingdom Tower sendiri akan membutuhkan beton sebanyak 5,7 juta kaki kubik.

kingdom tower

Kendati akan menghadapi banyak kendala, pembangunan Kingdom Tower dianggap masih cukup realistis untuk bisa diselesaikan.

Saat selesai dibangun, Kingdom Tower akan menjadi rumah bagi Hotel Four Seasons, kondominium mewah, perkantoran serta observatorium. (mashable/bs)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com