Chevron Lirik Potensi Panas Bumi di Gunung Geureudong

SETELAH menjadi pemenang dalam tender Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) di Gunung Ceremai, Jawa Barat, kini PT Chevron Geothermal Indonesia melirik potensi panas bumi di Gunung Geureudong, Aceh.

Namun Manager Policy, Government & Public Affairs Chevron Geothermal Indonesia, Ida Bagus Wibatsya, Selasa (20/05), mengatakan bahwa untuk pengembangannya masih menunggu proses tender dari pemerintah.

“Potensinya sekitar 110 megawatt (MW). Tapi ini masih kasar harus ada eksplorasi untuk memastikannya,” katanya. wilayah panas bumi tersebut berada di Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, dan Kabupaten Aceh Utara, provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Ida Bagus juga menyatakan, bahwa pihaknya membuka peluang bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk bersama-sama mengembang potensi panas bumi. Sesuai ketentuan, porsi BUMD sebesar 10%.

Sebelumnya keberadaan Chevron di Gunung Cermai sempat membuat heboh, pasalnya isu yang berkembang adalah Chevron telah membeli gunung Cermai. General Manager Policy, Government and Public Affair Chevron Geothermal Indonesia Paul Mustakim mengatakan, pihaknya memang telah ditetapkan sebagai pemenang tender WKP Gunung Ceremai oleh Pemerintah Daerah Jawa Barat pada Januari 2013 lalu, sementara tendernya dilakukan pada tahun 2011/2012 lalu.

Katanya, tender WKP yang diikuti oleh Chevron dan dimenangkan merupakan tender WKP biasa yang juga biasa diikuti oleh semua investor. “Investor yang memiliki kemampuan finansial dan pengalaman akan menjadi pemenang tender,” ujar dia

Menurut Paul, berdasarkan data Dirjen EBTKE Kementerian ESDM, menunjukan ada potensi sekitar 110 Megawatt (MW) panas bumi di gunung Ceremai. (satunegeri)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com