Penampilan Dabus Aceh Siap Meriahkan Festival Sabang Fair

Sabang Fair Bandara SIMATRAKSI seni dabus dipastikan akan siap meriahkan perhelatan pembukaan Festival Sabang Fair (FSF) 2014 yang berlangsung, Rabu (18/6/2014) besok. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang, Ramlan Yahya SAg, Senin (16/6/2014).

“Pertunjukan seni dabus di pembukaan FSF nanti akan dimainkan oleh Group Singa Nagan. Grup seni atraksi yang berasal dari Kabupaten Nagan Raya ini berjumlah enam orang, dipimpin Mahaguru Anwar B alias Pon Bintang,” ujarnya.

Grup Singa Nagan merupakan perkumpulan seni Dabus yang dimainkan tanpa mempergunakan gendang dan rapa’i serta tidak terfokus juga kepada khalifah dzikir. Tetap dabus ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah bisa mengamalkan hafalan-hafalan atau ayat-ayat yang berhubungan dengan ilmu dabus.

Ramlan juga menambahkan, dari semalam aksi pemanasan (warming up) dari Grup Singa Nagan juga dipersiapkan jelang pembukaan nanti.

“Semalam mereka sempat warming up seperti menarik mobil hingga aksi dengan menggunakan alat-alat bor. Selain itu, nanti dipembukaan FSF juga akan dimeriahkan oleh Drumband Pramuka Kota Sabang serta tarian massal,” pungkasnya.[]

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com