Video: Popcorn Bisa Dibuat dari Radiasi HP, Benarkah?


KEKUATAN dari radiasi handphone atau ponsel ternyata bisa membuat biji jagung menjadi popcorn, Benarkah demikian?

Hal yang tidak masuk akal ini juga pernah dibantah dalam sebuah tulisan yang pernah dimuat oleh CNN, tahun 2008 silam.


Beberapa video yang telah diunggah ke YouTube, banyak orang-orang terperangah dengan uji coba dari radiasi tersebut. CNN pun merilis video singkat “Phone popcorn secrets revealed” yang menyatakan itu semua adalah hoax alias bohong.

Bagaimana dengan Anda? Percayakah dengan video tersebut dan apa yang Anda lakukan. Bisa dipastikan ponsel atau gadget Anda tidak pernah lepas dalam selama 24 jam dan secara otomatis pasti akan menerima radiasi.

Hitungan Fisika

Berikut ini ada sedikit perhitungan secara ilmiah, yang pernah dilansir juga oleh Tabloid Pulsa. Pada kasus di atas, untuk menaikkan suhu bulir jagung hingga menjadi popcorn , energinya pasti berasal dari gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel. Berapa besar Energinya?

Arus ketika ponsel bekerja kurang lebih 400 mA. Tegangan ponsel 3,7 Volt. Jadi daya = 400 x 3,7 mW. Untuk 1 detik dibutuhkan energi sebesar 400 x 3,7 mJ (mJoule).

Dari energi yang dihasilkan ponsel tidak semuanya menjadi selombang elektromagnetik, melainkan hanya sebagian saja. Telah kita ketahui bahwa 1 mJ = 0,24 mili kalori. Jadi 400 x 3,7 mJ = 0,24 x 400 x 3,7 mJ = 355,2 mili kalori.

4 ponsel dalam 1 detik mengeluarkan energi sebesar 4 x 355,2 = 1420, 8 mili kalori. Energi sebesar itu digunakan untuk menaikkan suhu bulir jagung. Selama 4 detik, energi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan 4 ponsel = 4 x 1,42 kalori = 5,68 kalori.

Untuk mengetahui berapa kalor yang dibutuhkan, kita memerlukan rumus ini : Q = m.c.(t2 – t1)
Q : Kalor yang dibutuhkan (kalori)
m : Massa benda (gram)
c : Kalor jenis (kalori/ g.C)
(t2 – t1) : Perubahan suhu (C)

Karena kalor jenis biji popcorn tidak diketahui, maka anggap saja bahwa sedang menaikkan suhu 1 cc air dengan kalor jenis air = 1 kalori/ g.C

Perubahan suhu yang terjadi untuk membuat popcorn dengan data di atas adalah 5,68 / 1×1 = 5, 58. Ternyata hanya 5,58 derajat celcius saja! Itu pun dengan catatan bahwa seluruh energi yang dipakai ponsel, semuanya dikonversikan menjadi energi gelombang elektromagnetik, dan dianggap seluruhnya diserap atau dikonversi menjadi kalor.[]

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com