Tips Pencarian di Mesin Pencari Google

Tips Pencarian Google Yang Jarang DiketahuiIBARAT pustaka yang komplit, Google merupakan layanan pencarian data yang kompenten saat ini, dengan mengetik apa yang ingin Anda ketahui.

Google dengan setia memberitahukan sesuai dengan selera Anda berupa situs-situs website satu persatu untuk anda jelajahi, sebaiknya anda menggunakannya untuk tujuan yang positif saja, ya untuk pengetahuan dan dapat memberikan manfaat untuk orang lain.

Ada beberapa tips pencarian Google yang jarang diketahui, mungkin cocok untuk Anda coba. Berikut tipsnya:

Kata Kunci Tidak Panjang

Tahukah Anda bahwa sering kali Google merasa ‘kebingungan’ bila ada orang yang mengetik kata kunci sangat panjang. Padahal Google cukup efektif bila Anda menggunakan kata kunci dengan jumlah 3 atau 4 kata paling banyak. Kata kunci panjang bisa muncul efektif hanya bila kata kunci tersebut banyak ditulis secara tepat oleh banyak halaman.

Kata kunci biasanya berpengaruh pada jumlah hasil pencarian. Semakin banyak kata kunci semakin sedikit yang bisa dihasilkan Google. Hal ini dikarenakan bahwa sesuatu yang ingin Anda cari di internet tidak selalu menggunakan penulisan yang sama persis seperti yang apa yang Anda tulis.

Mencari File Tertentu

Bila Anda ingin mengunduh berkas dari internet dengan ekstensi tertentu, maka sebaiknya Anda juga menyertakan kata kunci nama ekstensi yang dimaksud. Sebagai contoh Anda ingin mengunduh file majalah online berjudul ‘fotografi levitasi’ dengan ekstensi PDF. Maka Anda harus mencari dengan kata kunci ‘fotografi levitasi PDF’. Teknik semacam ini berlaku juga untuk file lain seperti doc, mp3, ppt, xls dan lain-lain.

Mencari Artikel Terbaru

Bila Anda ingin mencari artikel terbaru dari kata kunci yang Anda telusuri, cukup gunakan fitur Alat Penelusuran dan pilih rentan waktu yang diantaranya adalah 1 jam terakhir, 24 jam terakhir, seminggu terakhir, sebulan terakhir atau setahun terakhir. Dengan fitur ini memungkinkan Anda menemukan artikel yang lebih baru. Alat Penelusuran terletak tepat dibagian bawah kolom pencarian.

Menemukan Artikel Dengan Kata Kunci 100% Persis

Tahukah Anda ternyata tanda kutip dua (“) sangat efektif dalam pencarian di Google Search. Dengan menggunakan tanda kutip dua tersebut Google nantinya bakal mencari dan menampilkan halaman yang telah di indeksnya dengan kata-kata yang sama persis seperti yang sudah ditulis pada tanda kutip dua. Sebagai contoh “Aceh”, maka selanjutnya Google hanya akan menampilkan artikel website yang memiliki kata persis 100% seperti diatas.

Menterjemahkan Secara Langsung

Meski sudah ada layanan Google Translate ternyata Anda bisa menerjemahkan kata bahasa Indonesia ke bahasa Inggris secara langsung dari layanan Google Search. Sebagai contoh adalah Anda menulis ‘bahasa Inggris meja’, maka akan muncul hasil terjemahan meja menjadi table pada posisi atas. Sayangnya fitur ini belum mendukung bahasa lain selain Inggris dan lagipula masih belum lengkap kosa kata yang dapat diterjemahkan langsung yang sesuai dengan grammar Bahasa lain.

Nilai Tukar Mata Uang Bisa Dicari dengan Google

Siapa bilang bahwa Google hanya untuk sekedar mencari artikel pada web atau gambar? Saat ini Google sudah mampu untuk dijadikan alat melihat hasil nilai tukar mata uang. Sebagai contoh Anda bisa mengetik ’34 USD to Rupiah’, maka nantinya akan muncul hasil kurs ‘414 634.146 Indonesian rupiahs’ pada posisi paling atas tanpa Anda harus masuk ke website tertentu.

Hanya Mencari Situs Lokal

Google telah menyediakan fitur dimana Anda bisa mencari artikel yang berasal dari situs lokal Indonesia. Caranya adalah dengan klik Alat Penelusuran dibawah kolom kata, kemudian klik Bahasa Apa saja dan pilih Bahasa Indonesia. Saat Anda menulis sebuah kata kunci maka akan muncul hasil yang berasal dari situs berbahasa Indonesia saja. (insertapps.com)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com