Kinerja Ekspor Lemah Terkendala Investasi Pelabuhan

Aktivitas bongkar beras kapal pembawa beras Bulog di Pelabuhan Krung GeukuhMOMENTUM pelemahan rupiah pada awal tahun 2015 yang seharusnya dapat digunakan kalangan pengusaha untuk meningkatkan nilai ekspor ternyata belum mampu dimanfaatkan maksimal oleh pengusaha lokal Aceh.

Data Badan Pusat Statistsefik Aceh 2015 menunjukkan, kinerja ekspor Provinsi Aceh bulan Februari 2015 justru mengalami penurunan jika dibandingkan Januari 2015. Nilai ekspor Provinsi Aceh sebesar 3.711.098 USD atau mengalami penurunan sebesar 16,12 persen.

Belum optimalnya ekspor Aceh berbicara di kancah internasional tentu terpengaruh oleh sejumlah faktor. Masih banyaknya komoditas Aceh yang diekspor melalui pelabuhan di luar Aceh menjadi persoalan dasar.

Diresmikannya pelabuhan Krueng Geukueh untuk ekspor – impor setahun yang lalu juga, harusnya dapat dijadikan kesempatan untuk meningkatkan ekspor melalui pelabuhan lokal sehingga dapat meningkatkan nilai tambah bagi peningkatan nilai ekspor daerah. Akan tetapi faktor minimnya fasilitas masih kerap pula menjadi alasan para eksportir untuk melakukan ekspor dari pelabuhan di luar Aceh seperti melalui pelabuhan Belawan di Medan, Sumatera Utara.

Wakil Bupati Aceh Utara Muhammad Jamil mendesak Pemerintah Provinsi Aceh segera membenahi dan melengkapi sarana serta prasarana Pelabuhan Krueng Geukeuh.

“Fasilitas itu sangat menunjang ketertarikan pelaku usaha. Pelabuhan Krueng Geukueh harus memiliki standardisasi paling tidak seperti Belawan atau bahkan melebihi. Misalnya, fasilitas penyimpanan barang ekspor, ketersediaan kapan pengangkutan, serta kelengkapan biaya yang harus dikeluarkan untuk ekspor,” ucapnya

Kini bola ada di tangan pemerintah Aceh agar para pengusaha lokal berorientasi ekspor dapat lebih “nyaman” melakukan ekspor melalui pelabuhan Aceh.

Selain itu, Pemerintah Aceh juga harus fokus untuk menyelesaikan persoalan lain seperti perizinan yang cepat, sederhana, dan transparan sehingga pelaku usaha atau investor potensial bisa merealisasikan aktivitas investasi secara riil mengingat besarnya peranan Pelabuhan Krueng Geukueh dalam percepatan investasi di Aceh.[]

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com