Indahnya Pulau Tsunami di Aceh Jaya

Gua sarang yang berada di Pulau Keluang, Aceh Jaya (Foto M Iqbal/SeputarAceh.com)

Gua sarang yang berada di Pulau Keluang, Aceh Jaya (Foto M Iqbal/SeputarAceh.com)

BERWISATA sembari menikmati panorama alam memang tidak akan habisnya kita eksplor di Aceh. Ujong Sudhen misalnya, salah satu gampong yang ada di mukim Keluang, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

Tsunami 10 tahun yang lalu telah banyak menyapu daratan Aceh Jaya, dan menjadi salah satu daerah yang parah terkena dampak tsunami.

Banda Aceh ke Lamno membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan menempuh jarak sekitar 78 km. Ada yang unik di Lamno, Aceh Jaya yaitu Pulau Tsunami. Apa yang menarik dari pulau ini?

Panorama Pulau Sudheun dikelilingi oleh gunung Geurutee, dan Pulau Keluang. Jalan lintas Banda Aceh – Geurutee, kita bisa melihat ada dua buah pulau yang sering dijadikan momen berfoto oleh pengguna media sosial.

Gempa dahsyat dengan magnitude 9,1 versi USGS berpusat di pantai barat Meulaboh, menyebabkan daratan gampong Ujong Sudheun terpisah beberapa ratus meter, sehingga membentuk Pulau Sudheun.

Memakan waktu sekitar 15 menit menuju Pulau Sudheun. Transportasi menggunakan boat nelayan bermesin 2  tak yamaha. Jalur kuala untuk keluar masuknya boat agak dangkal, jadi maksimal penumpang 4 orang. ‘Tony’ pawang boat, ingin agar pihak terkait memperbaiki kuala ini, agar boat yang melewati kuala ini tidak kandas.

Hamparan rumput yang hijau, menjadikan pulau ini tempat sebagian warga gampong Ujong Sudheun memelihara ternak sapi. Beternak lobster juga menjadi pilihan nelayan di Pulau Sudheun. Masih ada sisa pondasi rumah sekolah dan rumah warga. Namun sejak tsunami menerjang Gampong Sudheun, tidak ada lagi penduduk yang tinggal dipulau ini sampai sekarang.[]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com