Nikmatnya Sambai On Kayee Khas Aceh

Sambai khas Aceh sebagai penganan untuk berbuka puasa selama Ramadhan (Foto M Iqbal/SeputarAceh.com)BAGI Anda penikmat kuliner, ada yang menarik untuk dicoba saat bulan Ramadhan seperti ini, ya sambai on kayee khas Aceh yang memang menawarkan rasa nikmat dari campuran sejumlah dedaunan yang diyakini menjadi makanan sehat sebagai obat.

Selain dikenal dengan nama sambai on kayee (sambal daun-daunan), kebiasaan masyarakat Aceh juga menyebutnya dengan nama sambai on peugaga (ciliantro) karena salah daun ini juga menjadi bahan dari sejumlah daun lainnya yang dicampur seperti daun tapak liman, daun jambu muda (pucuk), daun mengkudu, rebung kala, bunga pepaya, daun serai, daun jeruk purut, dan berbagai jenis daun lainnya.

Untuk mendapatkan daun-daunan sebagai bahan dasar sambai ini terbilang sangat mudah di Aceh, selain itu juga tersedia di pasar-pasar atau pusat jajanan kuliner saat Ramadhan tiba di Aceh.

Menu sambai on kayee ini tidak disajikan begitu saja untuk disantap, melainkan juga akan dikombinasikan dengan bumbu campuran seperti kelapa parut, kacang, bawang merah, cabai rawit, asam sunti, dan udang.

Bagi Anda yang tertarik mencoba bisa melihat resepnya disini, bagaimana? Tertarik untuk mencoba kuliner yang sehat lagi banyak manfaat ini bukan.[]

 

A photo posted by iloveaceh (@atwitlovers) on

3 Comments

  1. Mus Deoranje

    8 Juli 2015 at 14.42

    wow kelihatannya enak bgt itu, patut di beli.

  2. AneukCipuga

    17 Agustus 2015 at 15.58

    Hawa Teuh Takalen.. sang that brat mangat.. Nyoe daerah lon payah preh puasa ilee baroe na..

  3. musdeoranje.net

    6 September 2016 at 17.54

    mangat that. Dibulan puasa memang mudah banget kita temui

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com