Wisata Akhir Pekan di Sabang ke Gua Kelelawar Iboih

Pengunjung berdiri di depan pintu masuk Gua Kelelawar, Gampong Iboih, Sabang (Foto M Iqbal/SeputarAceh.com)

Pengunjung berdiri di depan pintu masuk Gua Kelelawar, Gampong Iboih, Sabang (Foto M Iqbal/SeputarAceh.com)

NOL kilometer Sabang yang juga merupakan titik paling barat Indonesia selain identik dengan wisata bahari, Anda yang suka dengan aktivitas tracking dan caving bisa menjajal kesana.

Selain bisa menikmati snorkeling dan menyelam di kawasan pulau Rubiah. Ada beberapa tempat di Sabang yang menarik untuk para pencinta gua, diantaranya Gua Kelelawar yang berada di Gampong Iboih.

Untuk menempuh ke Gua Kelelawar yang berjarak sekitar 27 kilometer dari Kota Sabang ini akan singgah dulu di Nol Kilometer, dari titik tersebut baru dilanjutkan lewat jalan yang berada di balik bukit yang nantinya akan bertemu dengan Pade Resort.

Tidak sulit menemukan jalan yang berada dibalik bukit Nol Kilometer, walaupun jalan menuju tempat tersebut jarang dikunjungi oleh wisatawan. Di badan jalan yang beraspal terlihat banyak guguran daun dan ranting, menandakan bahwa tempat ini jarang dilewati kendaraan.

Sebagai tanda telah sampai pada lokasi gua, nantinya akan kita temukan kawasan Komplek TNI Kompi Markas Balik Gunung, Jurong Lhueng Angan, Desa Iboih, Kecamatan Suka Karya dan itu menandakan siap-siap untuk adu adrenalin menuju ke gua.

Dari atas lokasi tersebut, kita harus menyusuri ke gua untuk turun menggunakan tali. Ada baiknya, sebelum melangkah untuk berhadapan dengan muka gua, Anda harus ditemani oleh masyarakat setempat agar lebih mudah menghadapi kecuraman dalam gua sekitar 70-85 derajat, dengan ketinggian sekitar 10 m.

Jadi tidak salah sebelum menuju Gua Kelelawar, sebaiknya persiapkan perlengkapan standar untuk panjat tebing.

Seratus meter sebelum memasuki pintu gua akan terihat banyak jenis tanaman keladi, anggrek hutan, lumut hijau menutupi bebatuan, dan tanaman suplir di lereng bukit dekat pintu gua. Dan ini tandanya Anda sudah sampai di Gua Kelelawar.

Selamat berjelajah, dan nikmatilah suasana gua dan jangan kaget ketika masuk sekitar 50 meter ke dalam gua Anda akan tercium bau menyengat amoniak yang dihasilkan kotoran kelelawar. Namun, jangan khawatir di depan gua juga akan melihat laut lepas yang begitu indah, dan inilah Sabang. (fit)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com