Makanan Penurun Hipertensi, Penting untuk Dikonsumsi

buah buahan segar

HIPERTENSI atau tekanan darah tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak terjadi sekarang. Beberapa faktor penyebab risiko hipertensi ini bisa jadi adalah obesitas, sering cemas, konsumsi garam yang berlebihan ataupun kekurangan asupan beberapa nutrisi dan yang lainnya. Bahkan tak jarang pula ada makanan penyebab tekanan darah tinggi, malah lebih sering dikonsumsi.

Berbanding terbalik dari hal tersebut, Anda bisa mengatasi hipertensi dengan mengonsumsi makanan penurun hipertensi. Ya, ini adalah salah satu cara yang cukup efektif di samping tentunya lakukan aktivitas  gerak secara aktif. Jika pekerjaan Anda menuntut untuk duduk sepanjang hari maka sediakan waktu untuk merilekskan tubuh dan menggerakannya.

Siapkan pula proteksi pribadi Anda untuk kesehatan di masa mendatang, salah satunya adalah dengan punya BPJS Kesehatan.

Daftar Makanan Penurun Hipertensi

  1. Buah-buahan segar

Yap! Dimulai dari buah-buahan segar dapat Anda jadikan sebagai konsumsi utama Anda. Buah-buahan tidak akan menyiksa, bukan? Rasanya manis tentu sangat enak. Namun rasa enak tersebut tidak berbahaya karena “pemanis” pada buah adalah alami sehingga tidak meningkatkan level gula dalam tubuh Anda. Selain itu, buah-buahan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat menurunkan hipertensi.

  1. Kurangi makanan pedas dan asin

Anda pasti sudah tidak asing dengan fakta bahwaa makanan asin jadi penyebab naiknya tekanan darah. Sodium adalah elemen yang mengakibatkan tekanan darah jadi tinggi pada arteri. Ternyata makanan pedas juga bisa mengakibatkan tekanan darah jadi naik. Oleh karena itu, mulai sekarang kurangi makanan pedas dan asin. Sebaliknya, konsumsi makanan-makanan yang ‘netral’ saja.

  1. Sayuran hijau

Tentu saja, sayuran hijau jadi menu wajib! Jika memungkinkan kurangi asupan garam pada olahan sayur Anda. Beberapa jenis sayur seperti seledri dan bayam serta sayuran hijau lainnya memiliki kandungan kalium yang cukup banyak. Fungsi kalium sendiri dapat mengurangi hipertensi.

  1. Bawang putih

Perbanyaklah konsumsi bawang putih. Bawang putih punya kemampuan untuk mencegah terjadinya penebalan pada pembuluh darah dan juga pembekuan darah. Selain itu, bawang yang punya harum menyengat ini bisa menahan efek buruk dari hipertensi serta membantu untuk hilangkan penyumbatan pada jantung.

  1. Tomat

Tomat punya kandungan magnesium, kalsium, vitamin C,D dan E yang bisa membantu pengurangan tekanan darah apabila Anda mengonsumsinya secara rutin.

  1. Susu bebas lemak

Jangan pernah lupakan susu, sebagaimana disebutkan dalam slogan ‘4 sehat 5 sempurna’ yang diajarkan semenjak kita duduk di bangku SD. Namun, perlu diperhatikan, susu yang cocok bagi Anda penderita hipertensi adalah susu yang bebas lemak. Susu bebas lemak atau skim biasanya memiliki kandungan kalsium tinggi serta kandungan tinggi akan vitamin D. Tubuh dan tulang Anda kembali sehat. Susu bebas lemak juga baik bagi Anda yang berisiko terhadap tekanan darah tinggi karena tanpa kehadiran lemak membuat susu tersebut lebih aman. Sebaiknya konsumsi susu dalam keadaan hangat.

  1. Oats atau gandum

Ganti nasi dengan oats atau gandum. Oats adalah salah satu makanan penurun hipertensi yang terbaik. Anda bisa menjadikannya sebagai sarapan setiap pagi.

Nah, perlu diingat pula ya, di samping mengonsumsi makanan penurun hipertensi – konsumsi air putih yang cukup turut mencegah tekanan darah tetap stabil. Ini karena air putih dapat menurunkan ketegangan pada syaraf. Jadi, mulailah untuk hidup sehat! Jangan lupa pula untuk pastikan diri Anda terdaftar sebagai angggota BPJS Kesehatan. Salam sehat!

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com