Foto Bus Robur Tempo Dulu, Riwayatmu Kini

Speedometer kendaraan umum bus Robur Hino Jepang tempo dulu (Foto M Iqbal/SeputarAceh.com)BERKUNJUNG ke Banda Aceh tidak boleh melewatkan untuk singgah ke Kota Pelajar dan Mahasiswa (Kopelma) Darussalam yang diresmikan 2 September 1959, yang kemudian tanggal tersebut dikenal menjadi Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh.

Ada nostalgia yang tak pernah lekang diingatan saat kita menyebutkan Darussalam terlebih saat menyebut moda transportasi, ya Robur.

Angkutan publik Robur mulai populer di era 1980-an dan kini riwayatnya tinggallah kenangan. Angkutan yang murah meriah ini terkenal fenomenal mulai dari Darussalam hingga Kota.

Ada bunyi yang sangat identik saat kernet Robur memberikan aba-aba untuk super, yakni tinggg… tinggg apalagi kalau bukan peran dari uang receha yang dibenturkan dengan tiang penyangga bus saat ada penumpang yang turun, keren sekali.

Itulah sebatas kenangan Robur dulu, kini si tua nan reot tersebut sudah tergantikan oleh yang lain, nasibnya pun sempat terkatung-katung saat sudah menjadi besi tua, mulai dari meneduh di komplek kantor Gubernur Aceh hingga kini bersemayam di Komplek PPISB Unsyiah, Kampus Darussalam.[]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com