Aceh Clothing Festival Tampilkan Puluhan Brand Lokal

aceh clothing festival-fullKOMUNITAS Aceh Clothing Familia kembali menggelar pameran fashion brand lokal, Aceh Clothing Festival (AFC) yang akan digelar di Blang Padang Banda Aceh mulai Jum’at (27/5/2016) sore hingga Minggu (29/5/2016) mendatang.

Ketua Panitia, Ramadhan Azmie mengatakan, tema yang diangkat AFC tahun ini “Creative Youth Movement”, dimana anak-anak muda pemilik brand clothing dapat menampilkan ragam kreativitas mereka dalam desain pakaian yang akan dipasarkan nantinya.

Selama tiga tahun kebelakang, berbagai pengusaha pakaian menampilkan berbagai jenis desain dalam bingkai ke-Aceh-an. Beragam nilai budaya Aceh ini, menurut Azmie menjadi salah satu nilai jual kepada konsumen, selain dalam bentuk souvenir yang paling dicari wisatawan.

“Para pengusaha muda yang tergabung dalam Aceh Clothing Familia sendiri punya beragam jenis pakaian dengan desain tersendiri. Itulah yang akan ditonjolkan di pameran ini untuk menarik minat pembeli,” ujar Azmie.

Pameran fashion lokal ini menjadi sebuah wadah bagi pelaku industri kreatif untuk memperkenalkan produk mereka di mata masyarakat. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mengangkat brand lokal Aceh agar bisa bersaing dengan produk-produk luar seperti Jakarta, Medan, Jogja dan Bali. Azmi menuturkan dari segi kualitas dan desain, brand di Aceh tidak kalah bersaing dengan produk lainnya.

“Tidak hanya masyarakat Aceh, konsumen dari luar daerah juga sekarang memakai produk lokal Aceh. Dan kita bangga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi berharap, adanya kegiatan seperti ini mampu menjadi inspirasi bagi anak muda dan komunitas yang bergerak di bidang fashion dalam menciptakan peluang pekerjaan baru dan siap dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Kita ingin brand lokal dari produk fashion ini mampu menampilkan berbagai jenis desain dalam bingkai ke-Aceh-an melalui sentuhan kreasi motif-motif Aceh, tentunya selaras dengan percepatan Aceh sebagai Tujuan Wisata Budaya Halal atau Aceh Halal Culture Tourism Destination yang saat ini tengah kita kampanyekan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh,” sebutnya.

Selain ajang bazar, puluhan komunitas juga terlibat untuk memeriahkan AFC tahun ini. Serangkaian acara hiburan juga ikut disuguhkan bagi para pengunjung yang hadir. Seperti penampilan musik dari band lokal Aceh, games, stand up comedy, lomba foto, serta donor darah. Terlebih tahun ini, panitia mengundang band nasional, Payung Teduh untuk hadir dan menghibur masyarakat Aceh.[]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com