Hasil Rakor, Sail Sabang 2017 Harus Lebih Paten

RAPAT Koordinasi Tingkat Menteri dan Kepala Daerah dalam rangka Persiapan Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 berlangsung sukses yang dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Rabu (29/3/2017) di Sari Pan Pasific Hotel, Jakarta.

Dalam rakor tersebut dibahas sejumlah persiapan dari masing-masing bidang antar kementerian dalam rangka mensukseskan Sail Sabang 2017 yang akan berlangsung mulai 28 November hingga 5 Desember 2017 di Kota Sabang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan sangat mengharapkan perhelatan Sail Sabang 2017 yang akan digelar akhir tahun ini mendapatkan perhatian dan dukungan serius dari semua pihak, khususnya kementerian dan lembaga untuk terus melakukan evaluasi persiapan pekerjaannya masing-masing.

“Sail Sabang 2017 harus lebih baik dan atraktif dari Sail Karimata 2016 yang pernah diselenggarakan di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat yang juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo,” tegasnya dengan optimis.

Sail Sabang 2017, tambah Luhut harus lebih sukses dari Sail Bunaken 2009 dan pantas dihadiri oleh seorang presiden.

“Yang penting Sail Sabang 2017 harus lebih paten dan berkelas internasional,” ujarnya dengan semangat.

Sementara itu, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengungkapkan kebanggaan dan penghormatan kepada Pemerintah Pusat atas terpilihnya Kota Sabang, Aceh sebagai tuan rumah penyelenggaraan Sail Indonesia yang ke-9 ini.

“Adanya Sail Sabang 2017 diharapkan mampu memperkenalkan pesona Sabang dengan berbagai keunggulan wisata baharinya serta dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang khususnya dan Aceh umumnya yang sudah dikenal sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia. Hal ini juga untuk mendukung kebijakan Bapak Presiden RI melalui Kementerian Pariwisata untuk mensukseskan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2019, ungkap Zaini.

Seperti diketahui, penyelenggaraan Sail Sabang akan dipusatkan di kawasan Sabang Fair. Tidak hanya itu, lokasi juga akan meliputi daerah objek wisata, seperti Gapang Resort dan Kilometer Nol, dimana puncak acaranya akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo pada 2 Desember 2017.

Terus Pacu Kelengkapan Infrastruktur

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi yang diwakili oleh Kabid Destinasi Disbudpar Aceh Dedy Fahrian mengungkapkan, untuk mendukung rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017, baik pembangunan infrastruktur dan penyelenggaraan atraksi wisata, Pemerintah Aceh bekerjasama dengan BPKS dan Pemerintah Kota Sabang telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 73 miliar pada tahun 2017.

“Berbagai atraksi wisata akan diselenggarakan dalam rangka mendukung kemeriahan Sail Sabang 2017, meliputi tarian massal saat pembukaan dan Sendra Tari Laksamana Keumalahayati saat Penutupan,” ujarnya.

Atraksi lainnya, tambah Dedy, juga akan ada sejumlah agenda seperti Sabang Carnival, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, dan Sales Mission Cruise Operator and Yacht.

“Yang sudah kita agendakan juga ada Seminar Wisata Bahari, Sabang Fun Bike, Atraksi “Troen U Laot”, Sabang Bazaar, Video and Photo Drone Contest, Lomba Menulis Blog, Parade Kapal Tradisional, Pentas Wonderful Sabang, Sabang Expo dan sejumlah kegiatan pendukung menarik lainnya dari berbagai kementerian dan lembaga,” ungkap Dedy yang didampingi Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani.

Menariknya lagi, saat penyelenggaraan Sail nantinya Teluk Sabang akan dipenuhi dengan kapal-kapal seperti kapal tall ship Dewa Ruci dan Bima Suci, kapal Penelitian Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, 2 kapal penumpang PELNI sebagai akomodasi terapung, 100 kapal yacht, serta beberapa kapal perang kebanggaan negeri tercinta ini, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Sebagai media informasi dan promosi, Rahmadhani menyebutkan, keikutsertaan Aceh dalam pameran Deep & Extreme 2017 tanggal 30 Maret – 2 April 2017 di Gedung JCC Jakarta juga mengangkat tema Sail Sabang 2017.

“Pemilihan tema ini kita harapkan menjadi media informasi beragam atraksi nantinya yang tentu menjadi momen yang pas sebagai bagian promosi Sail Sabang sendiri untuk sejumlah agenda yang telah dipersiapkan, khususnya Underwater Photo Contest, Free Diving Competition, Fun Dive, dan lainnya,” ujarnya.[]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com