Banjir Landa Tapaktuan

Tapaktuan – Tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan terendam banjir akibat hujan deras sejak Jumat (19/2) malam dan satu desa di Kecamatan Trumon terisolasi sehingga puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Hujan sejak Jumat hingga Sabtu menyebabkan banjir meluas sehingga tiga kecamatan terendam,” kata Camat Trumon, Isa Ansari, di Tapaktuan, Minggu.

Ketiga kecamatan yang terendam banjir tersebut yaitu Kecamatan Trumon Timur, Labuhan Haji Barat dan Trumon. Akibat hujan deras, ratusan unit rumah warga di Desa Jambo Dalem, Kecamatan Trumon Timur, serta Desa Kuta Trieng dan Desa Tengaoh Iboh, Kecamatan Labuhan Haji Barat terendam.

Banjir juga menyebabkan puluhan kepala keluarga di desa Senebok Jaya terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman karena rumahnya direndam banjir kiriman dari Desa Ie Yalem Jambo dalem, Kecamatan Trumon Timur.

Selain merendam rumah warga, banjir yang juga disebabkan meluapnya Sungai Singkil itu merendam puluhan hektare tanaman coklat dan palawija milik warga setempat.

Bukan hanya merendam rumah warga, sejumlah badan jalan terutama jalan poros menuju Desa Ie Meudama terendam banjir, sehingga mengakibatkan transportasi darat menuju pusat kecamatan sulit dilintasi kendaraan bermotor.

Terputusnya akses transportasi ke kawasan itu mengakibatkan masyarakat kesulitan mendapatkan bahan kebutuhan pokok.

Dia menambahkan, sampai saat ini Sungai Singkil masih meluap dan merendam rumah penduduk karena hujan masih mengguyur daerah tersebut.

“Warga sudah diimbau agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan segera mengungsi ke tempat yang lebih aman jika banjir terus meninggi,” tambahnya.

Sementara, Camat Trumon Timur, H Lahmuddin, mengatakan, banjir yang merendam puluhan rumah warga di Desa Jambo Dalem, Jumat malam saat ini berangsur surut. (ant)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com