Disperindag-Kop Pidie Latih Tenaga Teknis Mebel Rotan

Sigli – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindag-Kop) Pidie melatih 25 tenaga teknis industri mebel rotan yang akan dipersiapkan untuk bekerja di Pusat pengembangan industri mebel rotan Pidie. Mereka dilatih oleh tenaga teknis dari pusat industri mebel rotan Cirebon, Jawa Barat.

Pelatihan berlangsung dari tanggal 13-17 April di pusat pengembangan industri rotan Pidie di bawah bimbingan tenaga teknis dari Departemen Perindustrian.

Ke-25 tenaga teknis yang dilatih tersebut nantinya akan ditempatkan di pusat pengembangan industri mebel rotan yang terbesar di Aceh. Industri tersebut akan segera dioperasikan pada bulan ini dan diharapkan mampu menampung ratusan tenaga kerja setempat.

“Kita sudah mempersiapkan tenaga teknis agar nantinya dapat mengoperasikan industri mebel tersebut sebagai pabrik mebel rotan terbesar di Aceh dan mampu menyerap ratusan tenaga kerja,” sebut Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindag-Kop) Pidie, Said Mulyadi, SE, Minggu, (18/4/2010).

Katanya, pusat pengembangan industri mebel rotan yang dibangun di Pidie dimulai sejak tahun 2007 yang menyedot anggaran sekitar Rp 3 Miliar dari APBA dan mesinnya langsung dari bantuan Departemen Perindustrian.

Sejauh ini pihaknya masih terkendala biaya operasional, sedangkan secara teknis sudah siap seluruhnya mulai dari kapasitas mesin produksi hingga bahan baku. “Tinggal biaya operasional yang dibutuhkan untuk mengoperasikan pusat industri mebel rotan tersebut. Dananya sudah diajukan ke Pemkab Pidie senilai Rp500 Juta,” katanya

Said cukup optimis dengan prospek industri rotan tersebut. Untuk satu tahun saja, di Aceh menghasilkan sekitar 250 ton rotan mentah. Sedangkan di Pidie menghasilkan sekitar 24.000 ton rotan per tahunnya. Selain itu juga kini tengah giat-giatnya budidaya rotan masyarakat di kawasan Geumpang.

“Nantinya pusat industri mebel rotan ini berjalan sesuai dengan rencana, akan menghasilkan berbagai bentuk mebel yang siap dipasarkan dalam pasar dalam negeri dan luar negeri,” paparnya.(*/ha/zuk)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com