Dari Ngeblog Sampai Bikin Novel

Jakarta — Menjadi seorang blogger memang bukan sesuatu yang sulit, menulis berbagai cerita dan pengalaman, aktivitas lintas blog dan masih sangat banyak lainnya ternyata akan membuat hasil yang patut dibanggakan jika ditekuni dengan baik.

Meutia Halida Khairani atau akrab disapa Meutia, blogger cewek asal Aceh ini baru saya menerbitkan novel terbarunya. Novel terbarunya yang mengambil latar dunia fantasy diberi judul “Crush”.

Cewek asal kota kuliner Sate Matang yang kini bekerja disalah satu perusahaan swasta di Jakarta mempunyai cerita menarik seputar aktivitasnya ngeblog. Pemilik blog http://rancupid.blogspot.com, sudah melanglang buana selama dua tahun dengan label blog Rancupid.

Menurut Meutia, novel “Crush” yang punya arti kehancuran tersebut adalah hasil inspirasinya selama bermain game Final Fantasy di Playstation. “Saya suka main game, karena ketularan sama game akhirnya jadi suka berhayal, ingin bikin cerita sekeren game itu,” tegas Mutia ketika dihubungi lewat Facebook.

Tidak hanya itu, dalam novelnya tersebut Meutia juga mengangkat sosok kakak cowoknya yang diberinama Haikal. “Karakter Haikal dalam novel tersebut sama persis seperti karakter Abang (panggilan kakak cowok di Aceh) saya dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. Terbitnya novel berjudul Crush ini juga menjadi inspirasi pertama bagi Meutia untuk menerbitkan novel lewat jalur mandiri alias indie.

Selain sibuk ngeblog, sampai saat ini Meutia masih masih fokus dengan masalah label “Rancupid” nama blognya sendiri yang akan dibuat sebagai media dan nama penerbit juga kedepannya. Lewat aktivitas ngeblog yang hampir dua tahun belakangan ini, berbagai pengalaman pun banyak didapat Meutia lewat berbagai event besar yang diikutinya, seperti dari Blackberry, tampil di majalah CHIC, bahkan diundang ke berbagai acara dan talkshow.

Tidak lupa, Meutia juga memberikan sedikit tips untuk blogger yang suka nulis dan ingin menerbitkan buku dan sering terkendala urusan modal, Meutia menyarakan lewat nulisbuku.com. “Lewat situs itu, kita tidak perlu modal sama sekali, apalagi mereka juga sudah terkenal lewat jaringan worldwide-nya. Tapi, kalau yang punya modal pilih saja untuk menerbitkan sendiri, ya hitung-hitung bisa dapat untung lebih,” tambahnya sambil tertawa.

Meutia juga memberi pesan bagi blogger, untuk tetap setia mengelola baik blog dengan membuat kategori sesuai tema-temanya. Siapa tahu, kedepan blog yang dikelola bisa jadi sebuah buku dengan kreasi Anda.[]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com