Sejumlah Agenda Wisata Siap Meriahkan Banda Aceh

Banda Aceh — Banda Aceh. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Reza Fahlevi, mengatakan, pihaknya terus berupaya mendongkrak jumlah wisatawan ke Banda Aceh. Salah satunya menggerlar sejumlah even di tahun 2012 ini yang diharapkan bisa menarik wisatawan mancanegara (wisman) maupun domestik.

“Sejumlah agenda yang sudah siap dilaksanakan, di antaranya pada Juli Banda Aceh Expo, Geulayang Tunang (lomba layang-layang). September akan digelar Festival Krung Aceh dan Kampong China, lalu Aceh Dirt Bike Advanture serta lomba dan pameran foto wisata. Di akhir tahun akan digelar Festival Kopi,” papar Reza kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (13/6).

Reza berharap, serangkaian even tersebut mampu menggairahkan industry pariwisata di Banda Aceh, sekaligus menjadi langkah awal menyambut Tahun Kunjungan Wisata Aceh 2013.

Ia menambahkan, sejauh ini sejumlah objek wisata religiuus seperti ziarah ke makam-makam ulama, turut mendukung kunjungan tersebut. Di antaranya makam Syiah Kuala yang kerab dikunjungi wisatawan asal Sumatera Barat, Sumatera Utara bahkan Malaysia.

“Selain itu, objek yang banyak dikunjungan yakni wisata tsunami yang terdapat di sejumlah titik di Kota Banda Aceh, seperti PLTD Apung di Punge Blang Cut, perahu di atas rumah warga di Lampulo, serta Museum Tsunami,” kata Reza.

Meningkatkan Wisatawan

Mengenai jumlah kunjungan wisatawan, Reza mengungkapkan hingga awal Juni 2012 sudah menunjukkan tren positif.

“Walaupun jumlah wisatawan baik mancanegara maupun lokal sempat mengalami penurunan dalam tiga bulan terakhir, namun hingga minggu pertama Juni ini diperkirakan jumlah kunjungan wisata ke Banda Aceh mulai meningkat dan bergairah,” katanya.

Dijelaskannya, turunnya kunjugan wisata ke ibukota propinsi itu pada tiga bulan sebelumnya akibat pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan munculnya aksi penembakan di beberapa wilayah Aceh termasuk di BandaAceh.

Reza belum mengungkapkan angka pasti kenaikan tersebut, namun dia menyampaikan angka hingga April 2012 sebanyak 48.890 wisatawan nusantara dan 2.033 wisatawan asing. “Jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, ada peningkatan sekitar 5%,” jelasnya. (Dedi Irawan/Medan Bisnis)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com