Menkes Canangkan Posbindu PTM Pertama di Aceh

Banda Aceh — Menteri Kesehatan dr Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH mencanangkan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) di Desa Alue Deah Tengoh, Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh.

“Posbindu harus dimanfaatkan oleh masyarakat yang berusia subur dan lanjut untuk mengendalikan risiko kematian akibat Penyakit Tidak Menular,” kata Menteri Kesehatan dr Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH di Banda Aceh, Rabu (25/07).

Seusai melakukan pencanangan posbindu PTM Alue Deah Tengoh sebagai posbindu pertama di provinsi Aceh, ia juga mengatakan keberadaan sarana kesehatan tersebut sebagai salah satu upaya mendeteksi dan mengobati secara dini berbagai penyakit tidak menular.

“Penyakit tidak menular itu kan banyak seperti jantung, hiperkolesterol, hipertensi dan kanker, di posbindu warga dapat melakukan pengecekan dan memeriksa kesehatannya secara rutin atau periodik,” katanya.

Menurutnya posbindu PTM merupakan upaya kesehatan yang bersumber dari masyarakat dan harus dikembang di seluruh desa di Provinsi Aceh.

Ia juga mengimbau warga mewaspadai gejala penyakit tidak menular dan menindaklanjuti secara dini dengan cara tidak merokok, banyak berolah raga, pengaturan diet dan mengelola stres.

Wali Kota Banda Aceh Mawardy Nurdin mengatakan banyak masyarakat Aceh tidak menyadari dirinya telah mengindap penyakit yang tidak menular akibat tidak mau melakukan pengecekan kesehatan.

“Umumnya masyarakat masih enggan mengecek kesehatannya, Pemkot Banda Aceh akan menambah seluruh posyandu dengan posbindu PTM agar warga berusia subur dan lanjut dapat mengontrol kesehatannya,” kata Mawardy Nurdin.

Ia mengatakan sebagai salah satu upaya mencegah penyakit tidak menular di kota Banda Aceh, sejak dua tahun terakhir Pemkot telah mengeluarkan Perwal mengenai kawasan tanpa rokok di ibukota Provinsi Aceh itu.

Terdapat delapan kawasan tanpa rokok yang ditetapkan yakni sarana kesehatan, tempat proses belajar dan mengajar, arena kegiatan anak, tempat ibadah, tempat kerja, sarana olah raga, angkutan umum dan tempat umum yang tertutup. (sehatnews.com)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com