Home Berita 2010, Pemerintah Aceh Fokus Bangun Infrastuktur

2010, Pemerintah Aceh Fokus Bangun Infrastuktur

Banda Aceh – Pada tahun ini, Pemerintah Aceh memokuskan pada pembangunan infrastruktur dasar, seperti jalan, irigasi, dan listrik. Hal tersebut guna mendukung pengembangan kawasan dan sentra industri.

Demikian ditegaskan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf saat membuka Musyawarah Perencana Pembangunan (Musrenbang) Aceh 2010, di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Selasa (13/4/2010).

Menurut Irwandi, pembangunan infrastuktur saat ini sangat dibutuhkan baik oleh masyarakat maupun investor. Pasalnya, selama ini faktor tersebut merupakan salah satu hambatan untuk para investor yang ingin datang ke Aceh.

Meskipun demikian, Irwandi mengatakan, Pemerintah Aceh tetap mengutamakan bidang pendidikan dan kesehatan. “Tahun 2010 ini kita akan berupaya menyelesaikan krisis listrik dan mengutamakan pembangunan jalan, irigasi serta mengedepankan sentra industri,” ujar Irwandi.

Sebagaimana Perpres No 5 Tahun 2010 tentang rencana pembangunan jangka menengah, Irwandi meminta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh untuk menyelesaikan sejumlah agenda strategis. Di antaranya terkait kesinambungan rekonstruksi dan percepatan pembangunan Aceh 2010-2012. Selain itu, penyelesaian RTRW Aceh, penyelesaian dokumen midterm review RPJM Aceh 2007-2012, penyelesaian dokumen RPJA dan rencana aksi “Aceh Green”.

“Untuk menuju visi Aceh 2025 untuk kemakmuran Aceh lebih baik, melalui Musrenbang saya meminta agar adanya integrasi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang saling bertanggung jawab, baik dana bersumber APBA, APBN maupun sumber lain,” pinta Irwandi.(*/ha/mrz)

KOMENTAR

Exit mobile version