Home Lifestyle Biasakan Gaya Hidup Hijau

Biasakan Gaya Hidup Hijau

UMUR bumi sudah semakin tua. Karena itu, memulai hidup hijau perlu dijadikan kebiasaan. Sebenarnya, tak sulit untuk hidup hijau.

Dengan mengaplikasikan gaya hidup hijau dalam keseharian Anda, sebenarnya merupakan salah satu cara paling tepat untuk berhemat.

Kurangi konsumsi air

Salah satu cara untuk menghemat penggunaan air adalah dengan mempersingkat waktu mandi. Bukannya mengajarkan Anda untuk tidak bersih, tapi lebih pintarlah dalam menghemat air saat mandi. Misalnya, penggunaan shower akan lebih hemat dibanding mandi di bath tub.

Selain itu, selalu perbaiki keran air yang bocor atau selalu menetes. Matikan air keran ketika Anda sedang mencuci tangan, menggosok gigi, atau mencuci muka. Nyalakan lagi begitu Anda ingin membilasnya. Jangan biarkan air keran terus mengucur, ketika Anda tidak sedang menggunakannya.

Kurangi penggunaan energi

Anda bisa menghemat energi sekaligus menghemat biaya listrik dengan mematikan lampu serta alat elektronik lainnya saat tidak digunakan. Mematikan alat elektronik tidak cukup dengan menekan tombol off saja, tapi Anda juga harus mencopot kabel dari stop kontak.

Kurangi pemakaian barang sekali pakai

Sebisa mungkin selalu daur ulang pemakaian barang Anda dan kurangi pemakaian barang yang sekali pakai. Misalnya, ketimbang membeli air dalam botol, lebih baik Anda membawa botol minum dari rumah yang bisa diisi kapan saja. Selain itu, ketika akan membersihkan noda, lebih baik gunakan lap yang bisa dicuci daripada tisu yang habis dipakai langsung dibuang. (solopos.com)

KOMENTAR

Exit mobile version