Home Berita BMKG: Warga Aceh Diminta Waspada Hujan dan Angin Kencang

BMKG: Warga Aceh Diminta Waspada Hujan dan Angin Kencang

Banda Aceh — Masyarakat di sejumlah wilayah di Provinsi Aceh diminta mewaspadai kemungkinan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

“Perlu diwaspadai kondisi cuaca itu yang diperkirakan akan terjadi hingga dua hari mendatang khususnya di wilayah Aceh,” kata Kasi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Mata Ie Suprapto di Banda Aceh, Selasa (24/07).

Didampingi prakirawan BMKG Rahmad Tauladani, ia mengatakan perkiraan cuaca tersebut berlaku selama dua hari mendatang.

Tinggi gelombang di perairan provinsi paling barat Indonesia itu berkisar antara 1-2,5 meter. Ketinggian gelombang laut yang perlu diwaspadai di perairan wilayat barat dan selatan Aceh.

Sementara tinggi gelombang di perairan laut bagian utara dan timur Aceh berkisar 0,5 hingga 1,5 meter.

Suprapto menyebutkan, pada umumnya cuaca di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang, terutama Aceh bagian tengah, barat dan timur.

Angin dengan ketinggian permukaan sampai 3.000 feet umumnya bertiup dari arah barat daya hingga barat laut, dengan kecepatan antara 0,5 hingga 35 kilometer/jam.

Sementara itu, keadaan cuaca di tiga kabupaten di Aceh yakni Aceh Selatan, Aceh Timur, dan Aceh Tenggara hujan sedang, sedangkan di 20 daerah tingkat dua lainnya hujan ringan. (ant)

KOMENTAR

Exit mobile version