Home Teknologi Google Doodle: Selamat Hari Bumi 2013

Google Doodle: Selamat Hari Bumi 2013

Hari Bumi 2013 Google Doodle
Hari Bumi 2013 Google Doodle
Hari Bumi 2013 Google Doodle

MENYAMBUT Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April, si raja raksasa internet Google pun tidak melewatkan momen ini. Lewat Google Doodle-nya, Google pun menampilkan sejumlah animasi di laman pencarinya tersebut.

Animasi menarik dari Google ini menampilkan suasana alam yang bisa dimainkan, lewat tombol “play” dan akan berubah secara sendiri dari pagi hingga malam hari. Dan yang tidak ketinggalan tentunya ilustrasi tulisan Google pun akan terlihat saat gambar-gambar mulai bergerak dan tersusun dengan sempurna.

Hari Bumi atau Earth Day ini adalah salah satu bentuk partisipasi manusia dalam menyuarakan aspirasi dan aksi kesadaran mereka tentang masa depan planet ini, yakni Bumi.

Nama dan konsep Hari Bumi dipelopori oleh John McConnell pada tahun 1969 di konfrensi UNESCO di San Francisco, AS. Hari Bumi pertama kali diamati pada tanggal 21 Maret 1970 dimana tepat pada hari pertama musim semi di belahan Bumi utara. Tanggal tersebut kemudian disetujui dan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PBB saat itu, U Thant.

Selanjutnya, mengenai Hari Bumi secara terpisah dimotori oleh Senator AS, Gaylord Nelson pada tanggal 22 April 1970. Peringatan ini dimaksudkan sebagai alat untuk mempromosikan agenda lingkungan setelah menyaksikan tumpahan minyak besar di lepas pantai California, AS, pada tahun sebelumnya.

Ketika itu, Hari Bumi hanya difokuskan di AS melalui sebuah organisasi yang didirikan oleh Denis Hayes, yang menjadi koordinator nasional pada tahun 1970. Peringatan ini kemudian menjadi peristiwa internasional pada tahun 1990 dan diselenggarakan di 141 negara.

Saat ini, Hari Bumi dikoordinasikan secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network) dan dirayakan di lebih dari 175 negara. Pada 2009, PBB menetapkan tanggal 22 April sebagai Hari Bumi Internasional. (*/inc)

KOMENTAR

Exit mobile version