Home Berita Kemenlu Mengirimkan Delegasi Indonesia ke Forum Y20 Summit

Kemenlu Mengirimkan Delegasi Indonesia ke Forum Y20 Summit

Delegasi Indonesia di G20 Youth Summit Berfoto di Venue Kegiatan (Ist)
Delegasi Indonesia di G20 Youth Summit Berfoto di Venue Kegiatan (Ist)
Suasana Sidang G20 Youth Summit (Ist)

KEMENTERIAN Luar Negeri dan Mahendra Siregar dari Sherpa Indonesia untuk G20 resmi mengirim lima pemuda Indonesia, Rabu (19/6) untuk mengikuti forum Y20 Summit di St. Petersburg yang berlangsung sejak 18-22 Juni 2013.

Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian pertemuan tingkat tinggi G20 Leaders’ Summit ini, delegasi Indonesia akan berdiskusi dengan 101 delegasi dari 19 negara anggota G20 lain serta 6 negara undangan. Sebuah communique atau pernyataan bersama yang dihasilkan di akhir diskusi ini akan disampaikan ke hadapan Presiden Rusia, Vladimir Putin, serta Sherpa Rusia untuk G20, Ksenia Yudayeva.

Selaku tuan rumah, pemerintah Rusia memposisikan forum ini sebagai sarana bagi pemuda untuk membahas isu-isu internasional yang paling mendesak, di antaranya terkait dengan Pembangunan Berkelanjutan serta Reformasi Arsitektur Finansial Internasional. Delegasi Indonesia yang terdiri dari Andhyta Firselly Utami, Ariyanto Jahja, Awidya Santikajaya, Chandra Jinata, dan Dito Krista ini bertekad akan membawa kepentingan Indonesia, tentunya dengan sudut pandang pemuda yang baru dan segar.

Selain itu, peserta Y20 juga akan berpartisipasi dalam Saint Petersburg International Economic Forum, sebuah forum ekonomi dan bisnis terdepan di dunia. Presiden Vladimir Putin dan Kanselir Angela Merkel juga dipastikan akan hadir dalam acara prestigius tersebut.

Masih konsisten dengan partisipasi konstruktif Indonesia selama beberapa tahun sebelumnya, delegasi ini telah dipilih melalui proses seleksi terbuka yang sangat ketat dan terdiri dari empat tahap, dengan jumlah pendaftar lebih dari 200 orang dan taraf penerimaan 4.7%. Kemampuan yang harus dimiliki untuk menjadi delegasi Indonesia antara lain kepemimpinan, penguasaan isu secara konsep maupun teknis, serta kemahiran public speaking.

“Saya pribadi berharap agar pemuda Indonesia bisa lebih terlibat dalam proses diplomasi dan negosiasi seperti Y20 Summit,” komentar Mahendra Siregar pada rapat koordinasi keberangkatan delegasi Indonesia pada 14 Juni 2013. (rilis)

Delegasi Indonesia di G20 Youth Summit Berfoto di Venue Kegiatan (Ist)

KOMENTAR

Exit mobile version