SEBAGAI orangtua pasti ingin melihat anaknya tumbuh dengan budi yang baik dan penuh sopan santun. Untuk itu sejak kecil harus bisa mengajarkan anak sopan santun tidak hanya kepada yang lebih tua namun juga pada anak seumurannya.

Untuk itu, pendidikan soal sopan santun sangat penting dan wajib hukumnya bagi anak-anak. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak sopan santun.

Teladan

Untuk mengajarkan anak sopan santun tentunya orangtualah yang seharusnya menjadi teladan bagi anak-anaknya. Anak-anak pastinya akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orangtuanya.

Itulah sebabnya bagaimana pun caranya, mengajarkan anak sopan santun harus dimulai dari orangtua. Bicaralah dengan nada yang halus dan juga sabar.

Ajarkan mereka untuk berterima kasih dan minta maaf jika melakukan suatu kesalahan. Untuk itu, orangtua harus memberikan contoh dalam hal ini kepada anak.

Imbalan

Saat orangtua melihat anaknya melakukan hal yang sudah diajarkan tentang kesopanan kepada orang lain, ada baiknya orangtua memberikan imbalan atas perbuatan baik yang sudah mereka lakukan.

Dengan memuji dan mengakui perbuatannya, orang tua sudah membantu untuk mengajarkan anak sopan santun dan mereka menjadi terbiasa untuk melakukannya. Berilah sedikit perhatian tentang hal ini kepada anak agar mereka menjadi bangga akan prestasi yang sudah mereka buat sehingga mereka akan terus mengulangi perbuatan tersebut.

Kesopanan

Ajari anak tentang kesopanan sedikit demi sedikit. Jangan langsung disodori dengan berbagai macam teori yang membuat mereka malas. Ajari juga pengertian soal sopan santun dan batas-batas yang harus dilakukan.

Jika tidak sengaja melakukan kesalahan, jangan ragu untuk mengajarkan mereka meminta maaf duluan karena ketidaksengajaan juga kadang bisa menimbulkan perkara baru. Tunjukkan juga apa yang benar dan hal bagaimana yang salah.

Beritahu mereka batasan-batasan tertentu tentang suatu perbuatan. Jika menemukan seorang teman yang suka bersikap tidak baik, beritahu kepada anak untuk tidak terlalu dekat dengan mereka. Ajari mereka untuk memilih pergaulan yang baik sejak dini.

Mengoreksi

Mengajarkan anak sopan santun bisa dengan mengoreksi apa yang mereka lakukan dengan sopan. Tentunya jangan sampai berteriak atau memarahi mereka dengan kasar atas suatu kesalahan yang dilakukan. Orangtua bisa melakukannya dengan tegas, namun tidak dengan ancaman karena hal ini bisa mempengaruhi psikologis seorang anak.

Sebisa mungkin tetap berlaku halus namun tegas agar anak tetap mengetahui batasan terhadap suatu perbuatan sehingga mereka tidak akan mengulangi lagi hal yang sama. Intinya, jangan sampai membuat hati mereka terluka karena anak akan terus mengingat hal tersebut sampai ia bertumbuh dewasa nantinya.

Sebenarnya masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat anak menjadi tumbuh sebagai anak yang penuh sopan santun.

Tentunya hal ini juga harus didukung oleh peran kedua orangtua yang tidak henti-hentinya mengingatkan anak untuk terus melakukan kebiasaan tersebut dan jangan sampai putus. Terus ingatkan agar mereka senantiasa melakukannya kepada semua orang tanpa memilih-milih status. (perempuan.com)

KOMENTAR