Home Bisnis Merintis Usaha Kopi, Belajar dari Lapangan dan Pengalaman

Merintis Usaha Kopi, Belajar dari Lapangan dan Pengalaman

NAMANYA Ahdhar Fauzi, profesinya adalah salah satu pegawai BRI di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh tahun 2013. Perjalanan karirnya dari bank plat merah banyak bersentuhan dengan masyarakat, terlebih lagi posisinya di bank tersebut didapuk sebagai tenaga pemasaran yang kerap turun ke lapangan untuk menyalurkan pembiayaan kepada warga.

Pertemuannya dengan kopi dimulai dari aktifitasnya sehari-hari saat bertemu dengan sejumlah pedagang kopi, dari sana ia mulai membaca peluang, alur dagang kopi hingga memilah biji kopi.

AZA Coffee & Roastery, itulah unit usaha yang dikembangkannya secara perlahan dengan mencermati perkembangan yang ada di lapangan.

Peluang dan Media Daring

Juni 2017 saat Ahdhar Fauzi menjadi Kepala Unit BRI Jagong, Aceh Tengah, ia bertemu dengan salah satunya nasabahnya yang mengolah biji kopi lain daripada yang ditemukan sebelumnya.

“Ini pengelohan biji kopinya beda dan rasanya pun mantap, saya mengira inilah peluang yang bisa dipasarkan secara luas,” pungkas Ahdhar.

Tidak berselang lama, Ahdhar pun mulai memasarkan kopinya lewat media sosial Instagram.

“Saya buat akun Instagram sebagai media pemasaran, saya ajarkan anggota saya untuk membuat postingan dan ternyata peminat pun mulai tertarik,” kisahnya yang sempat memiliki akun IG @ahdhar_azacoffee yang kini sudah tidak aktif lagi.

Seiring dengan waktu, usaha inipun semakin berkembang. “Alhamdulillah usaha ini sudah mencapai omzet penjualan hingga 99 juta rupiah per bulan dapat diperoleh, khususnya dalam bentuk penjualan green bean, roast bean dan bubuk,” sebutnya.

Kini pelanggan AZA Coffee & Roastery pun mulai tersebut disejumlah kota di Indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri, baik penikmat kopi sejati, pemilik coffee shop hingga pemilik home roastery.

“Keberadaan pelanggan terus bertambah, bulan September 2018 lalu akhirnya kita juga membeli mesin roasting agar lebih mudah dan cepat dalam memenuhi orderan,” sebut Ahdhar yang kini rutin mengelola akun IG @azacoffeeandroastery.

Selain melayani penjualan dalam enceran, usaha kopi Ahdhar juga mulai memenuhi orderan partai besar sampai berton-ton untuk semua jenis biji kopi hingga bubuk.

“Kopi yang kita ambil langsung dari dataran tinggi Gayo, mulai dari Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues. Jenisnya pun beragam, ada Arabika Specialty, Arabika Wine, Arabika Natural, Arabika Peaberry, Arabika Honey, Arabika Pantan Cuaca, Arabika Luwak Liar, dan Arabika Premium,” sebutnya satu per satu.

Selain melayani penjualan lewat akun media sosial IG, kini usaha Ahdhar sebagai suplier biji kopi Arabika ini juga bisa dengan mudah ditemukan disejumlah market place, seperti tokotalk.com, Tokopedia, dan Shopee.[]

KOMENTAR

Exit mobile version