Home Berita PT Angkasa Pura II Dukung Pemerintah Aceh Tarik Minat Wisatawan

PT Angkasa Pura II Dukung Pemerintah Aceh Tarik Minat Wisatawan

Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang (Ist)

Banda Aceh — Pemerintah Provinsi Aceh menyiapkan sejumlah tujuan wisata dalam program Visit Aceh 2013 untuk menarik lebih banyak wisatawan yang pada tahun lalu yang hampir mencapai 1 juta orang.

Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Rasyidah M. Dallah mengatakan tahun ini merupakan tahun pertama dari program Visit Aceh dalam 5 tahun ke depan.

“Setelah bencana tsunami pada 26 Desember 2004 banyak kunjungan ke Aceh. Masih banyak kekurangan dalam menarik wisatawan, tapi kami terus memperbaiki,” jelas Rasyidah dalam jamuan makan malam Senin (8/4).

Beberapa objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik adalah kapal apung yang terdampar ke darat karena hantaman tsunami, Museum Tsunami Aceh, masjid Raya Baiturrahman, Segitiga Indrapuri, Indrapura, dan Indrapatra.

General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Udara Sultan Iskandar Muda (SIM) M. Wasfan Wahyu Widodo mengatakan mendukung upaya Pemprov Aceh dalam menarik lebih banyak wisatawan dengan mempromosikan program Visit Aceh 2013 melalui pemasangan baliho besar di bandara.

“Selain itu, kami juga akan menonjolkan kekayaan budaya dan kesenian Aceh di lingkungan bandara dengan memasang hasil karya seni dan ornamen Aceh dan merawatnya. Ini semua untuk menunjukkan identitas Aceh,” paparnya.

Kabid Pengembangnan Destinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Aceh Irmayani Ibrahim mengungkapkan wisatawan domestik mencapai 959.000 orang dan wisatawan mancanegara mencapai 8.000 orang pada 2012.

Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, hanya empat daerah yang banyak dikunjungi wisatawan yakni Pulau Weh dengan Kota Sabang di dalamnya, Banda Aceh dan sekitarnya dengan objek wisata sejarah, Aceh Besar, Pulau Bayak, dan Simelue. Khusus di Sabang, wisatawan asing, khususnya dari Eropa, rata-rata tinggal lebih dari 2 pekan. (bisnis.com)

KOMENTAR

Exit mobile version