Home Berita Siswa-siswi Takengon Gagas Pemerhati Muda Lingkungan

Siswa-siswi Takengon Gagas Pemerhati Muda Lingkungan

Takengon, Seputar Aceh – Sebagai respon atas upaya penyelematan Laut Tawar yang belakangan gencar disuarakan, para siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Takengon saat ini menggagas gerakan peduli lingkungan tingkat SMA atau sederajat di Kabupten Aceh Tengah.

Kepala sekolah SMA Negeri 1, Suryani yang ditemui Seputar Aceh, Rabu (2/12) menyebutkan, siswanya melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) membentuk satu seksi yang berhubungan dengan lingkungan hidup bernama “Pemerhati Muda Lingkungan”.

Untuk mendukung program tersebut, lanjut Suryani, di sekolah yang merupakan sekolah tertua di Takengon itu juga telah dibentuk komunitas pesepeda bernama SMANSa Takengon Bicycle Community, yang keanggotaannya telah mencapai 180-an pesepeda dari kalangan siswa.

“Saban Sabtu, komunitas pesepeda melakukan kampanye bersepeda ke sekolah atau Bike To School yang tentunya irit biaya, sehat raga dan ramah lingkungan,” kata Suryani.

Dikatakan Suryani, sekolah yang dipimpinnya juga pernah meraih penghargaan sekolah terbersih tingkat SMA se-Aceh Tengah dalam rangka peringatan HUT ke-64 Republik Indonesia. “Artinya, siswa-siswa disini sangat cinta kelestarian lingkungan dan perlu diarahkan lebih khusus,” kata Suryani.

Sementara itu, Saida, Wakil Kepala Sekolah tersebut menyatakan, selain kegiatan-kegiatan terkait isu lingkungan, awal Januari 2010 mendatang, sekolah yang telah menghasilkan 10.000-an alumni itu akan menggelar pentas seni bertema “Save Our Culture”. Kegiatan itu akan menggali seni budaya Gayo. [sa-znl]

KOMENTAR

Exit mobile version