Berlin — Produsen mobil mewah Audi merencanakan investasi senilai US$17 miliar (13 miliar euro) hingga 2016 untuk mengembangkan model terbaru dan menambah kapasitas untuk mengejar penjualan kompetitornya yakni BMW.

Unit usaha Volkswagen AG ini menganggarkan 10,5 miliar euro untuk mengembangangkan mobil dan teknologi terbaru seperti desain yang lebih ringan dan motor listrik sebagai bagian dari investasi tersebut.

Selain itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas pabrikanya di Hungaria, China, dan membangun pabrik baru di Meksiko.

“Kami akan tetap berinvestasi dalam jumlah besar sebagai strategi pertumbuhan global kami,” kata Chief Financial Officer Audi Axel Strotbek, seperti yang dilansir Bloomberg, Jumat (28/12).

Menurutnya, ekspansi kapasitas pabrik dan berbagai infrastruktur lainnya akan menolong Audi untuk tetap terus tumbuh dan berkembang secara global.

Audi berencana menjual setidaknya 2 juta unit mobil per tahun dan mengambil alih posisi BMW pada akhir dekade ini. (bisnis.com)

KOMENTAR