Anak-anak bermain komputer (IST/spiderorbit.com)
Anak-anak bermain komputer (IST/spiderorbit.com)

RAKSASA internet Google kembali mengerjakan proyek baru untuk membuat mesin pencari khusus anak-anak yang diberi nama Google for kids. Layanan ini ditujukan agar anak terhindar dari konten pornografi atau konten dewasa.

Google memiliki inisiatif untuk merilis versi keamanan anak atau child safe pada layanan mereka. Layanan ini antara lain akan menghadirkan panel kontrol khusus untuk orang tua, akun pengguna semi-terbatas pada layanan seperti YouTube dan Gmail.

Salah satu perlindungan terhadap anak-anak ialah halaman konfirmasi atau sebuah checkbox yang menanyakan usia pengakses website.

Namun, ini tetap bisa diakali apabila anak menceklis tanda di kotak pada halaman website tersebut, padahal usianya masih di bawah 13 tahun.

Google dengan inisiatif barunya memungkinkan orang tua untuk lebih banyak terlibat secara langsung. Orang tua bisa mengontrol dan mengakses website yang dilihat oleh anak pada layanan YouTube.

Kabarnya, dengan akun Google child safe ini, sistem akan otomatis melarang video eksplisit dan hasil pencarian, serta memungkinkan orang tua untuk memantau jika anak mencoba mengakses sebuah website.

Orangtua juga bisa memilih pengaturan custom untuk anak mereka berdasarkan apa yang boleh diakses, dan apa yang tidak boleh dilihat pada saat browsing internet.

Layanan ini juga akan berimbas pada pengguna reguler, di mana setiap pengguna Android harus mengungkap usia mereka saat mendaftar untuk layanan Google di perangkat mobile. (net)

KOMENTAR