Kemunculan jagad maya atau lebih dikenal dengan Internet memang menarik untuk ditelusuri. Dari awal kemunculan selalu saja memberikan informasi yang luar biasa dan tidak pernah memiliki batas sampai saat ini.

Kita jarang memperhitungkan berapa banyak informasi yang telah diserap oleh masyarakat lewat adanya internet ini. Namun dibalik itu semua, taukah Anda dulu untuk memiliki sebuah situs atau website itu sangat sulit, itupun harus memiliki sebuah –nama– perusahaan.

Tidak hanya itu, harga sebuah domain dulu juga bisa seharga sebuah mobil baru sekarang, tapi sekarang jika Anda ingin punya domain sendiri cukup mudah, dan harganya pun sangat terjangkau.

Yang menariknya adalah dari begitu banyak situs atau website di dunia, tentu ada pendahulunya. Nah, berikut ini adalah beberapa situs tertua dunia yang mulai hadir sejak tahun 1985.

Symbolics.com. Domain ini pertama kali didaftarkan pada 15 Maret 1985, tak berapa lama setelah implementasi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Saat ini website tersebut sudah tidak berfungsi lagi, meski di halaman muka website masih tersirat kemungkinan website ini aktif lagi. Website ini awalnya digunakan oleh perusahaan manufaktur computer Symbolics Inc,.

BBN.com. Domain milik perusahaan jasa riset dan teknologi ini pertama kali terdaftar pada 24 april 1985. Perusahaan tersebut kini bernama Raytheon BBN Technologies yang bermarkas di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Think.com. Jika dibuka saat ini, domain tersebut akan mengarahkan ke alamat lain, Thinkquest.org. Think.comyang didaftarkan pertama kali pada 24 Mei 1985 merupakan salah satu proyek yayasan pendidikan Oracle Think Quest. Website tersebut menjadi ‘etalase’ produk dan media informasi Thinking Machines Corporation, produsen super komputer yang didirikan pada 1982.

MCC.com. Awalnya website ini menyediakan layanan karir dan pendidikan. Domain MCC.com pertama kali didaftarkan pada 11 Juli 1985.

DEC.com. Website ini milik Digital Equipment Corporation, salah satu perusahaan milik Hewlett Packard. Terdaftar sejak 30 September 1985. Perusahaan ini sempat menjadi vendor terkemuka perlengkapan dan software komputer di era 1960-an sampai 1990-an. (*/apasih.com)

KOMENTAR