California — Google akhirnya meluncurkan tiga perangkat Nexus baru. Dua diantaranya hadir dalam bentuk tablet sedangkan satunya dalam bentuk smartphone.

Dilansir dari TechRadar, Rabu (31/10), Nexus 4 dibekali dengan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean terbaru. Namun, dengan harga yang cukup rendah, setingkat dengan Google Nexus 7.

Bila melihat pada spesifikasinya, LG telah membekali Nexus terbaru ini dengan spesifikasi tingkat tinggi. Pada dapur pacunya disematkan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Pro quad core yang berlari di kecepatan 1,5GHz. Untuk urusan grafis, smartphone ini mengandalkan GPU Adreno 320.

Smartphone ini mempunyai resolusi 1280 x 768 piksel dengan kepadatan 320 piksel per inci. Sehingga, menjadikannya cukup tinggi untuk bisa bersaing dengan iPhone 5.

Kamera utama pada Nexus 4 memiliki ketajaman 8 megapiksel, sedangkan kamera depan memiliki ketajaman 1,3 megapiksel. Smartphone mutakhir ini juga dibekali dengan kemampuan pengisian daya secara nirkabel. Pengguna perlu memberi charging pad terpisah agar bisa memaksimalkan fungsinya.

Google Nexus 4 garapan LG ini dibanderol dengan harga yang tergolong rendah yaitu USD299 untuk versi 8GB dan USD349 untuk versi 16GB. Sayangnya, Google tidak menyertakan slot memori tambahan untuk perangkat genggam ini.

Rangkaian perangkat Nexus lainnya adalah Nexus 7 dan Nexus 10. Ketiga perangkat tersebut juga merupakan jawaban Google atas serangkaian gadget yang telah diluncurkan oleh Apple dan Microsoft beberapa hari lalu.

Nexus 7 mendapat sejumlah peningkatan fitur pada produk barunya. Nexus 7 baru kini tersedia dalam versi penyimpanan yang lebih besar 16 GB dan 32 GB. Fitur baru lainnya adalah koneksi HSPA+ sehingga dapat mengakses internet walaupun tidak ada jaringan WIFi.

Nexus 10 menandai masuknya Google pada pasar tablet dengan layar besar. Produk ini mengunggulkan layar 10 inchi dengan densitas pixel yang sangat besar (bahkan melampaui iPad 4). (okezone.com/merdeka.com)

KOMENTAR