Robot mahasiswa Padang (antarasumbar.com)

Bireuen — Mahasiswa lulusan ilmu komputer harus mampu merancang dan membuat sebuh robot dengan program yang bisa menirukan gerak atau aktivitas bermanfaat bagi manusia.

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Almuslim, Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh, Dr Amiruddin Idris MSi dalam peresmian laboratorium Robotic dan Multimedia, Senin (31/12).

Laboratorium tersebut diperuntukkan bagi kegiatan mahasiswa setempat agar dalam perjalanannya mampu merancang dan melahirkan program-program baru, seperti robot.

“Jangan kalah bersaing dengan mahasiswa di luar Aceh, kita juga miliki fasilitas yang sama dengan mereka,” tegas Amiruddin.

Keberadaan lab baru itu diharapkan betul-betul dimanfaatkan sebagai pusat pengembangan wawasan dan ilmu tentang robotik, selain melahirkan inovasi-inovasi baru di bidang ilmu informatika dan komputer di kampus kebanggaan masyarakat Bireuen.

“Kelahiran laboratorium ini bukan untuk mengubah kurikulum, akan tetapi menyahuti perkembangan zaman, khususnya bidang informatika yang demikian pesat yang kita lihat di Pulau Jawa,” terang rektor yang menjabat untuk ketiga kalinya itu. (kompas.com)

KOMENTAR