Banda Aceh, Seputar Aceh- Empat film dokumenter dari Jerman, Polandia dan Indonesia, yang mengisahkan tentang pekerja anak, Minggu (25/10), akan diputar di Minima Theater Episentrum Ulee Kareng Banda Aceh, dalam program Screendoc Regular 2009.

Divisi Urus Setia Episentrum Ulee Kareng Banda Aceh, Akmal MR, Sabtu (24/10), mengatakan, pemutaran film tersebut terlaksana atas kerjasama Episentrum Ulee Kareng Banda Aceh dengan Indiana Department of Corrections (Indoc). Film yang akan diputar pada bulan ini adalah Tom W (Polandia), Joki Kecil (Indonesia), Wow! Vanessa-The Big Jump (Jerman) dan Di Atas Rel Mati (Indonsia).

“Kegiatan rutin ‘Screendoc! Regular 2009” ini, akan berlangsung satu hari setiap bulan sampai Januari 2010 dengan mengusung isu-isu menarik, seperti sejarah, sosial, musik dan lingkungan hidup,” ungkap Akmal AR dalam siaran pers yang diterima Seputar Aceh.

Akmal menambahkan, setelah pemutaran film dokumenter tentang anak dan kerja tersebut, dilanjutkan dengan diskusi bersama Jehalim Bangun, Direktur Yayasan Anak Bangsa (YAB) yang selama ini eksis memperjuangkan hak anak. Diskusi tersebut akan membahas masalah hak anak dan posisi mereka dalam dunia kerja untuk mencukupi kebutuhan hidup.

“Soal pekerja atau buruh anak kemudian akan coba diproyeksikan dalam konteks anak Aceh,” kata Akmal. [sa-jmg]

KOMENTAR