Pare bisa membantu mencegah kanker payudara. Sebelumnya, tanaman satu ini telah lama digunakan sebagai obat diabetes karena kemampuannya menurunkan kadar gula darah.

“Saat menggunakan ekstrak pare, kami melihat bahwa komponen tersebut membunuh sel-sel kanker payudara,” terang peneliti Ratna Ray, seorang profesor di bidang patologi dari Saint Louis University. Namun hasil ini, terang dia, masih dilakukan di laboratorium, belum pada manusia.

Ekstrak pare, terang Ray, hanya membunuh sel-sel kanker tanpa mengganggu sel-sel yang sehat.”Kami tidak melihat adanya kematian pada sel-sel normal,” tutur Ray, seperti yang diberitakan mediaindonesia.com.

Akan tetapi, lanjut Ray, bukan berarti hasil ini membuktikan bahwa ekstrak pare bisa menyembuhkan kanker payudara.”Tidak akan menyembuhkan tapi kemungkinan menunda atau mencegah.”

Dalam studi yang dipublikasikan di Cancer Research ini, peneliti menangani sel-sel kanker payudara dari manusia dengan ekstrak pare. Ekstrak pare memperlambat pertumbuhan dan bahkan membunuh sel-sel kanker payudara tersebut.

Menurut Ray, mengonsumsi pare juga mempunyai manfaat lain karaena mengandung vitamin C dan flavonoid.

Marji McCullough dari American Cancer Society (ACS) juga mengaku terkesan dengan penemuan ini.”Hasil studi laboratorium ini sangat menarik,” terang McCullough.”Tapi sebelum menganjurkan suplemen ekstrak pare sebagai langkah pencegahan kanker, kita memerlukan percobaan klinis yang tepat untuk menentukan keamanan dan efisiensinya pada manusia.

Untuk saat ini, terang dia, ACS masih menganjurkan mendapatkan asupan nutrisi dari makanan.”Bukan suplemen.”

Rekomendasi pencegahan kanker payudara yang masih berlaku saat ini, terang McCullough, adalah mempertahankan berat badan sehat, membatasi asupan alkohol, berolahraga dan mengonsumsi diet sehat.[]

(Mediaindoensia)

KOMENTAR