Dhani - Maia (ist)

Jakarta – Musisi sekarang tak musti menghasilkan karya bagus. Tetapi, demi keberlangsungan hidup, kemampuan berbisnis juga menjadi sebuah keharusan.

Reublik Cinta Manajemen (RCM) misalnya, setelah sukses dengan Dewa, kerajaan bisnis yang dibangun Ahmad Dhani mendirikan manajemen musik yang melahirkan banyak artis. Berkat tangan dinginnya, artis-artis binaannya ternyata sukses pula seperti Mulan Jameela, The Virgin, Mahadewi, The Rock dan Lucky Laki.

“Dalam mengambil atau memilih artis, saya memang punya kriteria khusus,” ungkapnya Dhani.

Namun, ia merahasiakan kriteria apa saja yang ia terapkan. Belakangan tak hanya dari genre pop yang jadi artis binaannya tapi juga dangdut, seperti Dewi Persik dan Trio Macan.

Tak hanya bisnis di jalur musik, Ahmad Dhani juga memperluas bisnis ke desain interior. Di bisnis ini, Dhani mengajak Mulan Jameela, artis di bawah bendera RCM. Dhani membuka galeri interior bernama Her Gallery di Kemang. “Mulan saya ajak bergabung karena ini bisnis yang menguntungkan. Waktu itu Mulan ada duit cash jadi langsung tertarik,” ujar Dhani.

Tak Hanya Dhani, mantan istrinya, Maia Estianty pun tak mau kalah. Kini, ia mendirikan sebuah manajemen artis bernama LeMousik. Selain duo Maia, manajemen artis itu kini membawahi artis lain, seperti Krisdayanti, Pasto, dan Julia Perez.

“Kami juga sedang mempersiapkan beberapa artis baru untuk merilis album, ” ungkap Maia.

Dia mengungkapkan tujuannya menjalankan bisnis manajemen artis tak hanya demi mewadahi bakat para musisi. Namun juga sebagai antisipasi langkah awalnya mundur profesi penyanyinya. Itu dilakukan, karena Maia menyadari industri musik Indonesia kini lebih menyukai penyanyi baru dengan gaya lebih segar.

Di Amerika Serikat, pusatnya industri musik dunia, bisnis manajemen musik sudah lama ada. Saat ini Live Nation merupakan salah satu kerajaan bisnis musik terbesar di dunia, dengan salah satu artisnya Madonna. Demikian juga dengan Timbaland yang memiliki penyanyi-penyanyi binaan seperti Nelly Furtado, Justin Timberlake, Kanye West, Dr Dre, dsb.

Jay Z, suami Beyonce, pun memiliki bendera bisnis Roc Nation yang membawahi penyanyi-penyanyi hip-hop seperti Rihanna, Mariah Carey, Beyonce, maupun Alicia Keys. Pemilik bisnis pakaian dan klub basket NBA New Jersey Net yang berusia genap 40 tahun pada Desember tahun lalu itu telah membukukan pendapatan sekitar Rpl,5 triliun dalam setahun.(pom/inilah)

KOMENTAR